Now Reading:
Sering Ketuker, Ini Dia Bedanya ‘Melembapkan’ dan ‘Menghidrasi’
Full Article 2 minutes read

Sering Ketuker, Ini Dia Bedanya ‘Melembapkan’ dan ‘Menghidrasi’

iyaa.com | Jakarta: Banyak istilah dalam kecantikan yang bikin kita bingung dan akhirnya sering tertukar, salah satunya ‘melembapkan’ (moisturize) dan ‘menghidrasi’ (hydrate).

Lalu bagaimana cara membedakannya supaya kita tidak tertukar lagi. Dilansir dari Be Beautiful In, kunci untuk membedakan keduanya yaitu: mengunci dan menambah.

– Menghidrasi artinya menambah kelembapan ke kulit
Hidrasi umumnya dihubungkan pada jumlah air dalam kulit, sementara hidrator merujuk pada produk yang diformulasikan dengan ingredients spesial utnuk meningkatkan kadar air dalam kulit.

Bahan kandungan spesial yang digunakan yaitu humektan. Humektan menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar dan menyampaikannya ke lapisan kulit, memfasilitasi hidrasi. Gliserin dan madu merupakan contoh humektan yang baik.

Maka dari itu, hidrasi mengisi kembali semua air yang telah hilang oleh kulit dan menambah beberapa supaya kadarnya cukup.

Foto: The Conversation

– Melembapkan artinya mengunci kelembapan ke kulit
Air yang dibiarkan seharian akan menguap, dan itu sama seperti kulit. Kalau tidak di kunci, maka air dalam kulit juga akan menguap sepanjang hari. Itu sebabnya diperlukan pelembap.

Pelembap membentuk lapisan di kulit yang mengunci air supaya ‘tidak kabur’ (maksudnya menguap), serta bekerja mempertahankan kelembapan yang ada di kulit saat diaplikasikan.

Dengan membentuk segel pelindung di permukaan kulit, pelembap dapat mengurangi resiko penguapan sepanjang hari. So, pelembap wajib dipakai tidak peduli apapun jenis kulitmu.

Jadi kesimpulannya, hidrasi yaitu meng-infuse kulit dengan banyak kelembapan, sementara melembapkan yaitu mengunci kelembapan dan membuatnya tetap ada di dalam kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.