Now Reading:
5 Cara Memanfaatkan Kemasan Produk Kecantikan yang Sudah Habis
Full Article 2 minutes read

5 Cara Memanfaatkan Kemasan Produk Kecantikan yang Sudah Habis

iyaa.com | Jakarta: Umumnya orang akan membuang sesuatu yang sudah habis dipakai, termasuk botol, wadah bekas, atau kardus produk kecantikan.

Dilaporkan Vogue, menurut penelitian yang dilakukan untuk Zero Waste Week, industri kosmetik telah memproduksi 120 milyar unit untuk packaging setiap tahunnya.

Penggunaan kardusnya saja berkontribusi pada berkurangnya 18 juta are hutan setiap tahunnya, dan diprediksi tahun 2050 mendatang akan ada 12 milyar ton plastik di tempat pembuangan sampah yang dihasilkan industri kecantikan saja.

Meski beberapa brand sudah mulai mengurangi sampah dengan membuat kemasan yang dapat didaur ulang atau sustainable, namun sampah kemasan produk kecantikan masih banyak jumlahnya.

Oleh sebab itu, kita juga harus melakukan beberapa cara untuk membantu mengurangi sampah produk kecantikan dengan memanfaatkan kemasan yang masih bisa dipakai. Seperti apa caranya, berikut 5 cara yang dapat kamu lakukan.

Foto: Silver Quill Antiques and Gifts

– Ubah botol parfum jadi diffuser
Botol parfum yang bentuknya indah kadang bikin kita sayang membuangnya. Kalau begitu sebaiknya kamu simpan kembali dan jadikan sebagai diffuser di ruangan rumahmu. Kamu hanya perlu memasukkan buluh ke dalamnya, maka wanginya akan menyebar dan tahan beberapa minggu.

– Pakai bekas makeup compact sebagai tempat penyimpanan
Produk berbentuk compact seperti bedak, blush, dan sejenisnya bisa dibersihkan sisa isinya. Dengan demikian kamu bisa menggunakan wadah compact tersebut sebagai tempat menyimpan barang-barang kecil, seperti peniti, jarum pentul, paper clips, kancing baju, dan yang lainnya.

– Gunakan kembali gelas lilin
Gelas lilin yang sudah terpakai bisa kamu gunakan untuk hal-hal lain, misalnya sebagai wadah brush makeup, pot kecil, atau bahkan gelas untuk minum. Kamu hanya perlu mencucinya dengan bersih dan pastikan sisa lilin sudah tidak ada lagi.

– Cuci bersih
Face wipes merupakan salah satu penyebab sampah menumpuk di selokan. Namun kamu bisa mengurangi pemakaian face wipes dengan mencucinya dan gunakan kembali sebagai makeup removal.

– Jadi konsumen cerdas
Jangan hanya brand kecantikan yang berusaha ramah lingkungan, kita sebagai konsumen juga perlu melakukan hal yang sama. Jadi mulai dengan cari produk kosmetik atau skincare yang kemasannya bisa didaur ulang.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.