Now Reading:
Rutinitas Skincare yang Tepat Bagi Para Pria Berjenggot
Full Article 2 minutes read

Rutinitas Skincare yang Tepat Bagi Para Pria Berjenggot

iyaa.com | Jakarta: Para pria menumbuhkan jenggot karena beberapa alasan.

Meski demikian, jenggot bisa mendatangkan masalah kulit apabila tidak dirawat dengan baik, misalnya muncul jerawat, kulit kering, iritasi akibat mencukur, bulu yang tumbuh ke dalam, bahkan berketombe di jenggotnya.

Bagaimana perawatan kulit yang harus dilakukan pria berjenggot untuk mencegahnya? Dilansir dari Allure, berikut langkah perawatan kulit khusus bagi pria berjenggot yang disarankan oleh dermatologis.

1. Mulai eksfoliasi
Mencukur atau mencabut bulu jenggot dapat membuat bulu terperangkap di bawah kulit, yang akhirnya menyebabkan peradangan dengan membentuk sebuah benjolan seperti jerawat.

Untuk mengatasinya, gunakan produk perawatan wajah yang mengeksfoliasi dan menargetkan peradangan seperti face wash atau scrub yang mengandung salicylic atau glycolic acid.

2. Hati-hati saat bercukur
Untuk mengurangi peradangan dan benjolan, kamu perlu berhati-hati pada saat bercukur, baik itu produk yang digunakan maupun tekniknya.

Misalnya mulai dengan mengganti pisau cukur (razor blade) apabila sudah dipakai mencukur 2-3 kali. Yang paling penting, mencukurlah dengan mengikuti arah rambut tumbuh.

3. Upgrade peralatan
Satu yang harus diperhatikan saat merawat kulit di bawah jenggot yaitu dengan tidak mencukurnya terlalu dekat ke kulit dan menggunakan pisau cukur yang bentuknya tidak benar-benar flat. Alat semacam itu sangat baik bagi yang kulitnya cenderung mengalami ingrowns serta yang rambutnya curly.

Bisa juga menggunakan pisau cukur elektrik yang menyisakan sedikit rambut pendek, sehingga akan mencegah munculnya benjolan.

4. Shampoo bagian tengkuk
Untuk mengatasi kulit kering di bawah jenggot, dermatologis menyarankan untuk menyabuni tengkuk dengan shampoo ketombe. Kandungan shampoo tersebut, yakni ketoconazole atau selenium sulfide, akan mencegah peradangan dan kemerahan.

5. Lembapkan
Kulit wajah perlu dilembapkan, begitu juga area dagu yang ditumbuhi jenggot. Kalau bingung pakai pelembap apa, kamu bisa pakai produk-produk yang dikhususkan untuk merawat jenggot.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.