Now Reading:
Hindari Iritasi, Ini Tips Makeup untuk Si Mata Sensitif
Full Article 2 minutes read

Hindari Iritasi, Ini Tips Makeup untuk Si Mata Sensitif

iyaa.com | Jakarta: Punya mata yang sensitif memang tak boleh sembarangan memakai makeup. Sebab mata bisa jadi gampang berair atau kemerahan.  Untuk meminimalkan efek yang ditimbulkan oleh produk makeup, berikut ini tipsnya dari Paula’s Choice.

1. Ingredient yang harus dihindari
Pastikan produk yang kamu pakai berformula lembut dan bebas iritasi. Produk riasan mata (seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner) memiliki ingredient yang mungkin mengiritasi, seperti fragrance atau fragrance tersembunyi, seperti ethylene brassylate, dan denatured atau SD alcohol.

Jika memilih foundation atau concealer yang mengandung SPF, pilih yang formulanya mengandung mineral aktif titanium dioxide dan zinc oxide. Bahan sintetik aktif seperti avobenzone dan octinoxate bisa mengiritasi meski bisa melindungi kulit dari sinar UV.

2. Buang makeup yang tak terpakai
Beberapa produk makeup nyatanya harus diganti dengan yang baru meski sayang dibuang. Maskara dan eyeliner tak boleh dipakai lagi antara tiga sampai enam bulan setelah dibuka. Sebab kedua produk ini bisa mengering lebih cepat daripada produk berbasis powder seperti eyeshadow. Bakteri juga bisa menumpuk di maskara dan liquid liner sehingga tak bagus buat mata sensitif.

Selain itu, rutinlah membersihkan makeup brush yang digunakan untuk area mata. Tak perlu setiap hari. Umumnya sebulan sekali saja cukup.

3. Jangan lupa hapus makeup
Selalu hapus makeup sebelum tidur terutama riasan mata agar mata tak iritasi atau bengkak keesokan harinya. Pilih makeup remover yang bebas fragrance untuk menghapus riasan mata yang waterproof.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.