Now Reading:
8 Makanan Anti Aging untuk Usia 30 Tahun ke Atas (Bag. 1)
Full Article 2 minutes read

8 Makanan Anti Aging untuk Usia 30 Tahun ke Atas (Bag. 1)

iyaa.com | Jakarta: Memasuki usia 30 tahun, penting untuk fokus pada perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari, polusi, dan stres yang tinggi. Sebab kulit menjadi lebih kering karena sedikit memproduksi minyak. Jumlah sel yang mengandung pigmen juga menurun, menyebabkan kulit lebih tipis dan pucat.

Maka di usia inilah tanda penuaan mulai terlihat, seperti kerutan dinamis yang berasal dari gerakan otot atau muncul garis kerutan di dahi, menurut Rajani Katta, MD, dermatolog penulis Glow: The Dermatologist’s Guide to a Whole Foods Younger Skin Diet, dilansir dari Prevention.

Retinol dan vitamin C memang membantu menjaga kulit awet muda. Namun makanan sehat juga penting untuk dikonsumsi.

Foto: Freepik

1. Buah dan Sayuran Kaya Vitamin C
Vitamin C penting untuk sintesis kolagen dan studi menunjukkan bahwa pasien yang memiliki diet tinggi vitamin C memiliki lebih sedikit kerutan. Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C termasuk buah jeruk, brokoli, blueberry, tomat, paprika merah, dan kiwi.

2. Tomat
Seperti disebutkan, tomat juga salah satu makanan kaya vitamin C. Tomat juga mengandung lycopene yang tinggi, yakni antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari sengatan matahari dan radikal bebas yang dihasilkan dari paparan sinar ultraviolet. Radikal bebas memecah molekul kolagen dan elastin, sehingga menyebabkan keriput serta peradangan.

Menurut Dr. Katta dalam satu penelitian, para relawan mengkonsumsi pasta tomat setiap hari selama 12 minggu. Pada akhir 12 minggu, mereka mengalami lebih sedikit kemerahan kulit akibat paparan ultraviolet, dan biopsi kulit juga menunjukkan kerusakan kulit yang lebih sedikit pada tingkat sel.

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti kale dan bayam mengandung vitamin E, vitamin A atau retinol, yang penting untuk pergantian sel kulit normal. Sayuran ini juga sumber beta karoten, yakni antioksidan yang dapat terakumulasi di kulit dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Sayuran ini juga mengandung folat, nutrisi penting untuk perbaikan DNA.

Selanjutnya 8 Makanan Anti-Aging untuk Usia 30 Tahun ke Atas (Bag. 2)


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.