Now Reading:
Pakai Pore Strips untuk Angkat Komedo, Efektif Nggak Sih?
Full Article 2 minutes read

Pakai Pore Strips untuk Angkat Komedo, Efektif Nggak Sih?

iyaa.com | Jakarta: Saat punya masalah komedo, pore strips mungkin jadi solusi yang langsung terpikir oleh kita. Menempelkan pore strips lalu mencabutnya jadi kegiatan menyenangkan ketika melihat kotoran terangkat.

Tapi apakah pore strip memang efektif untuk menghilangkan komedo di wajah?

Dilansir dari Paula’s Choice, pore strips rupanya tak benar-benar menyelesaikan masalah komedo. Komedo memang terangkat, tapi pore strips hanya menyelesaikan masalah di permukaan kulit. Pore strips dengan perekatnya yang kuat bekerja membersihkan lapisan kulit atas dari kulit mati dan minyak yang teroksidasi yang tampak gelap.

Penyebab sebenarnya dari komedo berada jauh di dalam pori-pori. Komedo sendiri terbentuk ketika terlalu banyak produksi minyak di dalam pori-pori sehingga sulit keluar ke permukaan. Karena aliran minyak tak lancar, minyak bercampur dengan kulit mati yang tak tereksfoliasi seperti seharusnya. Minyak dan kulit mati pun tersumbat di pori-pori, lalu terkena udara dan teroksidasi, terbentuklah komedo (blackhead).

Maka memakai pore strips seperti suatu proses yang tak lengkap, seperti memotong rumput liar di halaman tanpa mencabut hingga ke akarnya.

Perekat pore strips mungkin juga menyebabkan iritasi karena beberapa produk mengandung bahan-bahan yang membuat kulit menjadi kering, seperti menthol, camphor, alkohol, atau witch hazel. Kulit yang iritasi sering menyebabkan meningkatnya produksi minyak. Ini berarti seiring waktu komedo akan tambah banyak, bukannya berkurang.

Jadi selain pakai pore strips, tetap membersihkan wajah setiap hari dan eksfoliasi wajah secara rutin.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.