Now Reading:
Mengerikan! Gara-Gara Pewarna Rambut, Kepala Remaja Ini Jadi Membesar
Full Article 2 minutes read

Mengerikan! Gara-Gara Pewarna Rambut, Kepala Remaja Ini Jadi Membesar

iyaa.com | Jakarta: Gonta-ganti warna rambut sekarang ini jadi hal biasa, baik karena dilakukan oleh ahlinya maupun dilakukan sendiri di rumah dengan produk-produk khsusus pewarna rambut.

Kebanyakan orang tidak bermasalah ketika mewarnai rambutnya, namun hal apes justru dialami remaja perempuan asal Prancis berusia 19 tahun ini.

Dilaporkan Yahoo Lifestyle, remaja bernama Estelle mengaku kalau dirinya mengalami reaksi alergi akibat mewarnai rambutnya. Dan akibat dari alergi tersebut membuat kepalanya jadi membesar 2x lipat, yang mana membuatnya hampir kehilangan nyawa.

Rupanya Estelle mengalami alergi karena PPD (paraphenylenediamine), kandungan kimia yang umum terdapat di produk pewarna rambut.

Estelle mengaku pada media kalau dia sudah melakukan tes patch, sayangnya ia hanya mendiamkan produk tersebut selama 30 menit, bukannya 48 jam seperti yang direkomendasikan oleh FDA.

Tak lama kemudian dirinya pun mengalami reaksi alergi, yang mana dapat membahayakan nyawanya. Mulanya ia merasa gatal dan sakit di kulit kepala, lalu mulai membengkak. Kemudian Estelle pun minum antihistamines (semacam obat alergi).

Namun besok paginya bengkak di kepalanya bertambah parah, dimana ukuran kepalanya menjadi 24.8 inci, lebih besar dibandingkan ukuran rata-rata besar kepala yaitu 22 inci. Tak hanya semakin membesar bengkaknya, Estelle juga mengaku kalau dirinya sulit bernapas dan lidahnya pun ikut bengkak.

Akhirnya dia dilarikan ke UGD dan berhasil disembuhkan. Karena peristiwa yang dialaminya, Estelle mengingatkan teman-teman lainnya yang ingin mewarnai rambut maka harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai prosedur.

PPD sendiri merupakan kandungan yang banyak ditemukan dalam produk pewarna rambut, terutama untuk warna-warna gelap. Lantaran dapat menimbulkan reaksi, kandungan tersebut dalam produk pewarna rambut pun dibatasi yakni tidak boleh lebih dari 2%.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.