Now Reading:
5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Ketombe
Full Article 2 minutes read

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Ketombe

iyaa.com | Jakarta: Ketombe bisa membuat penampilan jadi nggak oke. Serpihan putih menempel di baju dan rambut mungkin terasa gatal. Sebelum mengatasi, berikut ini hal-hal yang perlu kamu tahu tentang ketombe, dilansir dari Prevention.

1. Ketombe disebabkan oleh ragi
Banyak orang mengira ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Namun dijelaskan Luis Garza, MD, PhD, dan asisten profesor dermatologi di John Hopkins School of Medicine, bahwa ketombe disebabkan oleh ragi.

“Ragi adalah bagian normal dari kulit kita, tetapi dapat berkembang berlebihan (para peneliti tidak yakin alasannya), dan menyebabkan ketombe,” katanya.

2. Ketombe dapat mempercepat kerontokan
“Ada teori yang menyebut bahwa tubuh menghasilkan sel-sel inflamasi untuk melawan ragi penyebab ketombe, dan ini pada akhirnya mempercepat proses kerontokan rambut,” jelas Luis Garza.

Namun ini hanya teori. Rambut masih bisa tumbuh subur dengan mengatasi ketombe.

3. Ketombe memburuk di musim dingin
Cuaca dingin dan kering membuat kulit penghalang kulit kepala melemah sehingga rentan iritasi. Terus gunakan sampo anti ketombe Anda sepanjang tahun, meskipun tampaknya serpihan-serpihan ketombe telah hilang.

4. Kemungkinan psoriasis
Ketombe maupun psoriasis sama-sama berhubungan dengan sesuatu seperti sisik di kulit kepala. Sebaiknya temui dokter kulit jika shampo ketombe yang digunakan tidak berfungsi mengatasi ketombe setelah dua bulan pemakaian.

5. Ketombe dapat memburuk karena stres
“Kita tidak tahu bagaimana caranya, tetapi stres membuat semua penyakit kulit menjadi lebih buruk,” kata Dr. Garza.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.