Now Reading:
Bukan Lemak, Ternyata Ini Penyebab Utama Kegemukan!
Full Article 2 minutes read

Bukan Lemak, Ternyata Ini Penyebab Utama Kegemukan!

iyaa.com | Jakarta: Obesitas atau kegemukan jadi masalah yang paling banyak dialami oleh masyarakat di kota-kota besar. Gaya hidup hingga pola makan yang salah bisa menyebabkan kegemukan. Dan lemak disebut sebagai faktor utama obesitas.

Tapi ternyata, bukan lemak yang jadi penyebab utamanya. Tingginya kalori dalam makanan yang kita makanlah penyebab utamanya.

Seperti mengkonsumsi nasi padang sebagai sarapan. Dilanjutkan dengan menyantap burger sebagai kudapan di sela waktu sarapan dan makan siang. Padahal, burger miliki kalori yang setara dengan satu porsi nasi padang.

“Kelebihan kalori itu disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Begitu pula kelebihan karbohidrat, protein, dan mineral disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Jadi bukan salah lemaknya,” tutur Silvia Anita, S.Gz, Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta, dikutip dari Aura, Senin (3/12/2018).

Ada cara mudah untuk mengetahui tubuh kelebihan lemak atau tidak. Caranya adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Jika lingkar pinggang laki-laki lebih dari 90 cm, maka masuk dalam kategori obesitas. Sedangkan batas normal lingkar pinggang perempuan adalah 80 cm.

“Di sasana, biasanya tersedia alat pengukur persentase lemak tubuh. Berdasarkan persentase, idealnya perempuan memiliki 21-32 persen lemak sedangkan laki-laki 10-22 persen. Persentase laki-laki lebih sedikit karena mayoritas tubuh mereka terdiri dari otot dan protein. Ingat, kegemukan memperbesar risiko terkena diabetes, gangguan ginjal, jantung, dan hipertensi,” katanya lagi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.