Now Reading:
Ini 4 Hal yang Bisa Membuatmu Tambah Tua dalam Semalam
Full Article 2 minutes read

Ini 4 Hal yang Bisa Membuatmu Tambah Tua dalam Semalam

iyaa.com | Jakarta: Meski penuaan memang tak bisa dihindari, kita memilih berbagai cara untuk bisa melambatkan prosesnya. Namun tanpa disadari kebiasaan kita sehari-hari justru bisa membuat kita cepat menua.

Ahli kecantikan, Purvisha Patel, M.D., yang juga pendiri Visha Skincare, menjelaskan bahwa ada 4 kesalahan yang dapat merusak kulit kita sehingga membuatnya cepat menua, seperti dilansir dari Women’s Health.

1. Tidur tengkurap
Tidur tengkurap tak baik untuk kulit wajah. Sebab gravitasi bisa menarik cairan di wajah ke bawah. Seiring waktu, tidur dengan posisi seperti ini membuat wajah penuh keriput dan kehilangan kolagen. Patel menyarankan untuk tidur telentang untuk mengurangi efek gravitasi pada wajah.

2. Tak membersihan wajah
Tak jarang para wanita lupa untuk menghapus makeup sebelum tidur. Padahal membersihkan wajah sangat penting untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan riasan. Jika tak dilakukan, pori-pori bisa tersumbat sehingga timbullah jerawat. Jika memiliki kulit berminyak, lupa membersihkan wajah akan membuat wajah makin berminyak. Maka rawatlah kulit wajah terutama sebelum tidur untuk menyegarkan dan meregenerasi kulit.

3. Kebanyakan pakai produk skincare
Kita mungkin terlalu banyak memakai produk kecantikan hingga tak yakin akan kegunaan setiap produk yang dipakai. Hal ini bisa berbahaya. Contohnya jika kita memakai produk yang mengandung retinol untuk mencegah keriput. Kemudian kita juga memakai produk dengan benzoyl peroxide untuk mengatasi jerawat. Ini bisa membuat kulit kering dan iritasi sehingga tampak merah dan meradang. Patel menyarankan untuk memakai produk yang familiar untuk kita dan cocok untuk jenis kulit kita.

4. Tak minum cukup air
Hidrasi penting untuk tubuh dan juga kulit. Sebab air adalah komponen penting kulit dan struktur di bawah kulit. Ketika mengalami dehidrasi, kulit kehilangan kekenyalannya. Dalam persepektif jangka pendek, dehidrasi bisa membuat kulit menjadi kering sehingga muncullah keriput dan area mata menjadi cekung. Patel menyarankan minum air setidaknya enam gelas per hari.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.