Now Reading:
Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang DIY Masker Wajah Menurut Ahli Dermatologi
Full Article 3 minutes read

Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang DIY Masker Wajah Menurut Ahli Dermatologi

iyaa.com | Jakarta: Resep DIY masker wajah bisa didapatkan dengan mudah di dunia maya. Namun apa kata para ahli dermatologi? Apakah resep DIY tersebut, meski dengan bahan-bahan alami, aman untuk kulit?

Dilansir dari Buzz Feed, para dermatolog menyarankan untuk melakukan patch test terlebih dulu agar tahu reaksi kulit terhadap resep DIY tersebut. Selain itu, masker wajah bukanlah face scrub. Jadi oleskan dengan lembut dan jangan digosok sama sekali, biarkan selama 15 menit atau lebih, lalu bilas.

Secara umum, DIY masker wajah dipakai maksimal seminggu sekali. Jika ingin hasil lebih, pakai krim siang atau malam sebagai treatment harian. Perlu diingat pula bahwa jika suatu bahan DIY mengandung vitamin A, tak berarti kita mendapat manfaat yang sama seperti jika kita memakannya.

Foto: Freepik @Prostooleh

Lantas, apa saja resep DIY masker wajah dibolehkan para dermatolog? Berikut ini 3 di antaranya.

1. Oatmeal + Air + Susu + Madu
Caranya, campur 1/2 cup oatmeal bubuk, 1/2 cup air, 1/2 cup susu, 1 sdm madu. Aduk rata di dalam panci. Panaskan selama 5 menit. Dinginkan dahulu, kemudian oleskan ke wajah.

Masker ini bisa mengatasi jerawat dan melembapkan kulit. Menurut Dr. Doris Day, ahli dermatologi asal New York City, oatmeal mungkin tak jelas manfaatnya untuk kulit. Namun ini bukan bahan berbahaya dan menyenangkan untuk dilakukan sehingga masker ini boleh dipakai di wajah.

2. Bubuk Matcha + Minyak Kelapa + Air
Caranya, campur 1 sdt bubuk matcha green tea, 1/2 sdt minyak kelapa, 1/2 sdt air. Aduk rata, lalu oleskan ke wajah.

Menurut Dr. David E. Bank, direktur Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery, teh hijau adalah salah satu anti-oksidan, anti-peradangan yang paling kuat, sehingga akan membantu menghilangkan kemerahan, peradangan, rosacea, jerawat, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori (comedogenic) untuk beberapa orang. Jika kita tak mengalami masalah, minyak kelapa boleh dipakai. Lakukan juga patch test untuk memastikannya.

3. Kayu Manis + Biji Pala + Madu
Caranya, campur 1 sdt kayu manis bubuk, 1 sdt biji pala bubuk, 2 sdm madu. Aduk rata hingga halus, lalu oleskan ke wajah.

Dr. Bank menjelaskan, kayu manis mungkin bisa membuat kulit iritasi, maka lakukan dulu patch test. Sementara biji pala bisa mengeksfoliasi kulit sehingga membantu bahan lain menembus lebih dalam ke kulit. Masker ini tak bisa mengatasi jerawat, tapi bisa membantu mencegah jerawat yang akan muncul.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.