Now Reading:
Paraben, Ingredients dalam Produk Kecantikan yang (Katanya) Berbahaya
Full Article 2 minutes read

Paraben, Ingredients dalam Produk Kecantikan yang (Katanya) Berbahaya

iyaa.com | Jakarta: Paraben di industri kosmetik sampai sekarang masih menuai kontroversi. Pasalnya bahan ini sering dikaitkan dengan kanker payudara dan masalah kesehatan lainnya.

Tapi kenapa produk-produk kecantikan menggunakan ingredient ini kalau ternyata berbahaya untuk kesehatan? Berikut penjelasan soal paraben dalam produk kosmetik yang dikutip dari beberapa sumber.

Apa itu paraben? Kenapa digunakan di produk kecantikan?
Paraben merupakan famili dari bahan kimia yang umum digunakan sebagai pengawat dalam produk kosmetik. Pengawet digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya, yang berguna untuk melindungi produk juga konsumen.

Paraben yang umum digunakan dalam produk kosmetik adalah Methylparaben, Propylparaben, Butylparaben, Ethylparaben, atau Isobutylparaben.

Label bahan produk biasanya mencantumkan lebih dari satu paraben dalam suatu produk. Paraben juga sering digunakan sebagai campuran bahan pengawet lainnya untuk memberi perlindungan lebih terhadap berbagai mikroorganisme.

Dan yang terpenting, paraben umum digunakan karena mereka murah dan efektif.

Paraben dan Kanker
Peneliti bernama Philippa Darbre (bersama timnya) dengan lantang menyatakan kalau penelitiannya mendeteksi paraben di 18 dari 20 sampel jaringan dari biopsi tumor payudara.

Meski demikian penelitiannya belum dapat membuktikan bahwa parabenlah yang menyebabkan kanker, parabennya hanya terdeteksi di sel kanker.

Penelitian mereka juga menyimpulkan kalau ingredient ini dapat diserap, dimetabolisme dan diekskresikan, sehingga mereka punya kontribusi pada masalah kesehatan.

Meski demikian Health Canada, FDA, serta Cosmetic Ingredient Review menemukan kalau tidak ada kaitan antara paraben dalam kosmetik dengan kanker atau masalah kesehatan lainnya.

Sampai sekarang pun penelitian soal paraben dan kanker masih berlanjut.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.