Now Reading:
Memanfaatkan Cuka Apel untuk Atasi 5 Masalah Rambut
Full Article 2 minutes read

Memanfaatkan Cuka Apel untuk Atasi 5 Masalah Rambut

iyaa.com | Jakarta: Cuka apel sering digunakan untuk kecantikan mulai dari rambut, wajah, hingga kaki. Khusus untuk rambut, cuka apel punya banyak manfaat yang membuat rambut makin sehat, seperti dilansir dari Prevention.

1. Membersihkan residu produk rambut
Shampo, kondisioner, gel, mousse, dan foam bisa meninggalkan residu di kulit kepala dan rambut yang membuatnya tampak kusam. Untuk membersihkannya, Juliene Featherman, hairstylist dan pemilik Juju Salon & Organics di Philadelphia merekomendasikan DIY tonik cuka apel.

Caranya, campur 1 cup (setara 16 sendok makan) cuka apel dan 2 cup air hangat di dalam botol shampo bekas. Kocok agar rata. Keramasi rambut, keringkan dengan handuk, lalu aplikasikan tonik cuka apel dari akar hingga ujung rambut. Biarkan sebentar, lalu bilas dan gunakan kondisioner.

Foto: Pexels @Element5.Digital

2. Menghidrasi rambut keriting alami
Tonik cuka apel dari Juliene juga bisa dipakai untuk menghidrasi rambut keriting alami. Cuka apel bisa melembapkan rambut keriting yang bisanya cenderung kering tanpa membuatnya jadi berat.

3. Mengatasi ketombe
Cuka apel juga mampu mengatasi ketombe karena kandungan anti-bakteri dan anti-fungalnya. Gunakan produk dengan kandungan cuka apel atau gunakan tonik cuka apel dari Juliene sebagai bilasan.

Foto: Freepik

4. Mengembalikan kilau rambut
Rambut berkilau tanpa kusut dan kasar bisa didapat dengan cuka apel. Campur 1/3 cup cuka apel dengan 2 cup air. Campur dengan sedikit shampo pada pencucian rambut pertama, kemudian bilas, lalu pakai kondisioner seperti biasa.

5. Mencegah kerontokan
Cuka apel bisa menyeimbangkan tingkat pH rambut dan melindungi dari bakteri sehingga kerontokan dapat dicegah.

Debra Jaliman, MD, dermatolog dari New York City, menyarankan untuk mencampur 3-4 sdm cuka apel dengan 1 cup air ke botol spray. Aplikasikan ke kulit kepala, lalu pijat. Diamkan 10-15 menit sebelum keramas.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.