Now Reading:
6 Tahapan Perawatan Kulit yang Sebenarnya Bisa Dilewati
Full Article 2 minutes read

6 Tahapan Perawatan Kulit yang Sebenarnya Bisa Dilewati

iyaa.com | Jakarta: Tahapan perawatan kulit mulai dari pembersih wajah bisa terdiri dari banyak tahapan. Namun menurut ahli dermatologi, Janet H. Prystowsky, MD, PC, dilansir dari Total Beauty, hal ini tidaklah perlu.

Prystowsky menyarankan untuk meminimalkan jumlah produk skincare yang digunakan. Secara umum, membersihkan wajah dua kali sehari dengan cleanser lembut dan memakai pelembap dengan SPF adalah hal yang dasar. Selebihnya bisa ditambahkan sesuai masalah kulit.

Lantas, apa saja tahapan skincare yang sebenarnya bisa dilewati?

1. Botox, Retinoid, atau Anti-Aging Treatment
Dermatolog Dr. Papri Sarkar menjelaskan bahwa kulit tiap orang berbeda. Jadi tak perlu khawatir jika belum memulai anti-aging treatment. Jika kita bisa melakukan 20 tahap rutinitas skincare untuk merawat kulit dari penuaan, itu tidak apa-apa. Jika mampu membeli banyak produk atau melakukan botox, ini pun boleh saja.

2. Eksfoliasi
Prystowsky menyebut jika eksfoliasi dengan scrub bisa berdampak buruk terutama orang-orang yang berjerawat. Ketika orang punya jerawat dan blemish, mereka cenderung memakai scrub berlebihan, sebab mereka berpikir kulit mereka ‘kotor’. Padahal, ini hanyalah minyak atau asam alami yang melindungi kulit.

3. Sheet Mask
Sheet mask tak wajib dipakai dalam tahapan skincare sebab sebagian besar sheet mask digunakan secara tidak efektif. Sarkar menyarankan, lebih baik memakai masker wajah yang memang cocok dan bermanfaat buat jenis kulit kita.

4. Krim Mata
Krim mata juga bisa dilewati dalam tahapan skincare. Sebab menurut Sarkar belum terbukti ampuh untuk mengatasi masalah mata seperi lingkaran hitam atau membuat area sekitar mata kembali muda.

5. Pelembap Berbeda untuk Bagian Tubuh Berbeda
Menurut dermatolog kosmetik Jeanette M. Black, M.D., krim atau pelembap berbeda untuk wajah, leher, tangan dan kaki tidaklah perlu. Sebab hal ini bisa memperumit usaha kita untuk menjaga kulit tetap sehat. Satu pelembap untuk wajah, dan satu pelembab untuk tubuh pun sudah cukup.

6. Produk Kecantikan Mahal
Produk kecantikan yang mahal mungkin menjanjikan hasil yang berbeda daripada produk dengan harga lebih murah. Namun Sarkar menyatakan bahwa produk mahal bisa jadi karena kemasannya lebih elegan dan cantik. Jika ingin mendapatkan kulit sehat, ada banyak produk berkualitas yang harganya tak mahal dan terjangkau. Kuncinya adalah menemukan produk yang cocok untuk kita.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.