Now Reading:
Ini yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Membuat Air Mawar Sendiri
Full Article 2 minutes read

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Membuat Air Mawar Sendiri

iyaa.com | Jakarta: Air mawar bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah. Namun sebelum melakukannya, ketahui dulu beberapa hal berikut ini agar air mawar yang dihasilkan berkualitas baik.

Dua Cara Membuat Air Mawar
Dilansir dari Wellness Mama, mawar dibuat dengan cara mendidihkan dan menyuling. Mendidihkan atau merebus mawar adalah cara paling cepat dan sederhana. Air yang dihasilkan wangi dan berwarna mawar. Namun tak dapat bertahan lama. Sementara penyulingan butuh waktu agak lama, namun lebih jernih dan tahan lama.

Memilih Kelopak Mawar
Jika kita punya mawar yang tumbuh di halaman, mawar tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat air mawar. Petik mawar di pagi hari ketika bunganya sangat harum.

Bisa juga membelinya, tapi pastikan membeli mawar yang organik. Mawar harus bebas pestisida sehingga air yang dihasilkan tak bercampur bahan kimia. Selain mawar asli, bisa juga menggunakan kelopak mawar yang dikeringkan.

Jenis Mawar
Untuk jenisnya, seperti dilansir dari Style Craze, bisa memilih mawar Damask (Leda, Hebe’s Lip, Jaques Cartier, Madame Hardy, Celsiana), Moss (Henri Martin, Alfred de Dalmas, William Lobb, Chapeau de Napoleon), atau mawar jenis lain seperti Comte de Chambord, Madame Isaac Pereire, dan Reine des Violettes.

Cara Menyimpan
Air mawar sebaiknya ditaruh di gelas kaca dan disimpan di kulkas.

Untuk ketahanannya, air mawar bisa bertahan selama 1 atau 2 minggu jika melalui proses mendidihkan. Sementara dengan proses penyulingan, air mawar bisa bertahan hingga 6 bulan.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.