Now Reading:
Cara Mudah Lakukan Patch Test Saat Coba Produk Skincare Baru
Full Article 2 minutes read

Cara Mudah Lakukan Patch Test Saat Coba Produk Skincare Baru

iyaa.com | Jakarta: Patch test perlu dilakukan saat mau mencoba produk skincare baru, terutama buat yang berkulit sensitif. Ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kulit bereaksi terhadap produk tersebut, apakah menimbulkan alergi, kulit iritasi, breakout, dsb.

Patch test untuk reaksi alergi
Dilansir dari The Klog, patch test bisa dilakukan di dua tempat, yakni di tempat yang tersembunyi dan di tempat yang dekat dengan area produk nantinya akan dipakai. Misalnya jika ingin mengetes bagaimana reaksi wajah terhadap produk baru, patch test bisa dilakukan di leher. Jika ingin mengetes bagian lain tubuh, lakukan patch test di belakang lutut, perut, atau lengan atas.

Setelah tahu di mana akan lakukan patch test, oleskan sedikit produk yang ingin dites di area tersebut. Jangan ada produk lain yang digunakan bersamaan di area itu. Reaksi biasanya terjadi dalam 24 jam, tetapi bisa memakan waktu hingga 72 jam.

Patch test untuk breakout
Jika ingin tahu apakah produk baru membuat breakout, oleskan produk tersebut langsung ke wajah, bisa di pipi atau dagu. Ini dua area yang paling rentan terhadap breakout karena ada konsentrasi kelenjar penghasil minyak yang lebih tinggi.

Aplikasikan produk setiap hari ke area yang sama selama seminggu untuk melihat apakah timbul breakout atau tidak.

Reaksi yang terjadi setelah patch test
Jika kulit memerah, bentol, atau bercak-bercak (splotchy) dan terasa gatal atau sakit, segera hentikan penggunaan produk tersebut.

Produk yang mengandung asam, seperti asam laktat, salisilat, glikolat, juga hydroquinone dan retinol memang menimbulkan reaksi pada kulit, tapi hanya sementara, biasanya langsung bereaksi setelah diaplikasikan dan bertahan tidak lebih dari setengah jam. Jika reaksinya memburuk dari waktu ke waktu, hentikan penggunaan.

Begitu pula jika muncul jerawat, komedo, atau komedo putih, sebaiknya tak usah memakai produk tersebut.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.