Now Reading:
Cuci Muka Usai Panas-panasan Bikin Wajah Belang, Mitos atau Fakta?
Full Article 1 minutes read

Cuci Muka Usai Panas-panasan Bikin Wajah Belang, Mitos atau Fakta?

iyaa.com | Jakarta: Mencuci muka usai berpanas-panasan memang membuat wajah terasa kembali segar dan menghilangkan rasa gerah. Tapi muncul anggapan yang mengatakan bahwa mencuci muka saat tubuh “kepanasan” malah membuat wajah belang.

Benar gak sih? Mitos atau fakta?

Mencuci muka penting untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel di wajah. Tapi, mencuci muka langsung setelah terkena paparan sinar matahari sangat tak dianjurkan.

Kenapa? Karena mencuci muka saat suhu tubuhmu “kepanasan” malah akan membuat pori-pori wajah tersumbat oleh keringat dan debu. Saat terpapar sinar matahari, kulit wajah meradang dan jika langsung terkena air maka kulit akan stress.

Dikatakan demikian karena adanya perubahan suhu secara mendadak dan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya muncul kulit belang dan bercak-bercak putih. Paparan sinar matahari juga jadi salah satu penyebab munculnya kulit belang dan bercak putih di wajah.

Sebaiknya, tunggu suhu tubuhmu kembali normal dan wajah tak berkeringat baru mencuci muka. Gunakan air hangat untuk mencuci muka dan diakhiri dengan air bersuhu normal atau dingin. Tambahkan pula toner agar kulit wajah kembali sejuk dan segar.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.