Now Reading:
Iyuh! Ikat Rambut Ternyata Simpan Banyak Kotoran
Full Article 1 minutes read

Iyuh! Ikat Rambut Ternyata Simpan Banyak Kotoran

iyaa.com | Jakarta: Kita mungkin tak terpikir untuk mencuci ikat rambut yang kita pakai sehari-hari. Tapi tahukah bahwa ikat rambut itu, terutama yang terbuat dari kain, sama seperti pakaian yang bisa kotor.

“Kebanyakan kain menyerap keringat dan bakteri sepanjang hari, termasuk ikat rambut, terutama saat berolahraga,” jelas Rachel Nazarian, MD, ahli dermatologi di Schweiger Dermatology, dilansir dari Well and Good.

Meski begitu, ikat rambut kotor bukan masalah besar dan tidak akan menganggu kulit. Akan tetapi rambut bisa menyerap sebagian kotoran di ikat rambut, kemudian menempel pada sarung bantal. Hal ini bisa menganggu kulit ketika misalnya wajah bersentuhan dengan sarung bantal.

Namun ini bisa diatasi dengan mudah. Cukup dengan mencuci ikat rambut kain setiap hari, terutama setelah berolahraga. “Syukurlah caranya mudah: hanya dengan sabun biasa dan air. Hack sederhana, taruh ikat rambut di dalam kantung pakaian dan biarkan ikut dicuci di mesin cuci. Ikat rambut jadi bersih bersama pakaian lainnya,” kata Nazarian.

Jika malas mencuci ikat rambut kain, ganti saja dengan yang berbahan plastik, atau ikat rambut yang diresapi serat tembaga karena secara alami bertindak sebagai antibakteri dan antijamur.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.