Now Reading:
Menghidrasi Kulit Tanpa Pelembap, Begini Caranya
Full Article 2 minutes read

Menghidrasi Kulit Tanpa Pelembap, Begini Caranya

iyaa.com | Jakarta: Pelembap biasanya dipakai untuk menghidrasi kulit wajah. Namun ada cara lain untuk membuat kulit tetap lembap.

Dilansir dari Byrdie, ahli dermatologi Kristina Goldenberg, MD, menjelaskan alternatifnya adalah menggunakan minyak alami. “Shea butter adalah salah satu favorit saya. Ini membuat kulit tetap lembap. Saya punya kulit sensitif dan kering, saya tak khawatir alergi karena ini produk yang lembut,” katanya.

Sementara itu dijelaskan Paul Jarrod Frank, MD, minyak lebih baik daripada krim untuk menghidrasi kulit. Cara kerja minyak adalah dengan memperbaiki penghalang lipid kulit yang paling atas dan mengunci kelembapan, di mana pelembab gel dan serum berbahan dasar air menguap, membuat kulit terasa lebih kering.

Jika minyak terlalu berat untuk wajah, pilihan lainnya adalah serum, terutama jika dicampur dengan minyak lemak. “Serum sangat bagus untuk menghidrasi jika mengandung lemak baik seperti argan, alpukat, atau minyak zaitun. Minyak memberikan asam lemak omega-3 untuk menjaga lapisan lipid tetap lembab sambil berfungsi sebagai antiperadangan,” jelas ahli kecantikan Joanna Vargas.

Foto: Simple

Menghidrasi kulit bisa juga dengan sheet mask atau DIY face mask, seperti campuran minyak kelapa, alpukat, dan madu. Boleh ditambahkan sedikit kunyit untuk anti-aging.

Jika ingin menggabungkan pelembap ini ke dalam rutinitas kecantikan, mulai dengan produk yang paling ringan. Vargas merekomendasikan untuk memulai dengan sheet mask, kemudian serum, terakhir oil-serum atau minyak. Jika ingin memakai face mask buatan sendiri, jadikan ini langkah terakhir sebagai pengganti minyak.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.