Now Reading:
Cuma Buang Uang, Ini 10 Tanda Kamu Salah Pilih Sunscreen (Bag.1)
Full Article 2 minutes read

Cuma Buang Uang, Ini 10 Tanda Kamu Salah Pilih Sunscreen (Bag.1)

iyaa.com | Jakarta: Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang jahat, yang mana dapat menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit.

Namun karena banyak pilihan, kita jadi asal membeli dan bukan melihat fungsinya. Alhasil sunscreen tersebut tidak berefek apapun pada kulitmu. Yuk, kenali tanda-tanda kamu salah beli sunscreen seperti yang dilansir dari Reader’s Digest ini.

1. SPF nya di bawah 30
Kalau bicara sunscreen maka jumlah harus diperhatikan. Sunscreen dengan SPF di bawah 30 tidak akan memberi perlindungan yang kamu butuhkan. Jadi pakai yang SPF 30 ke atas.

Kenapa? Sebab belum tentu kamu mengaplikasikan jumlah sunscreen tersebut dengan tepat. Jadi rata-rata orang mengaplikasikan 25-50% dari jumlah yang disarankan, tapi karena pemakaiannya tidak tepat maka sunscreen SPF tinggi itu hanya memberi perlindungan yang setara dengan sunscreen SPF 27.

2. Mengandung ingredients yang salah
Pastikan kamu melihat produk kecantikan yang kamu beli, termasuk sunscreen. Banyak chemical sunscreen mengandung avobenzone yang mana photounstable dan menjadi kurang efektif saat terkena sinar matahari. Itu sebabnya perlu digabungkan dengan ingredients lain yang photostabilizing seperti cyclooctatetraene, para-nitrobenzyl alcohol, dan trolox.

Kalau ribet dengan chemical sunscreen, kamu bisa pilih physical sunblock yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Namun karena mudah hilang, jadi kamu harus rutin mengaplikasikannya kembali.

Foto: Freepik/Photoroyalty

3. Ada dalam botol spray
Sunscreen akan efektif apabila diaplikasikan dengan tepat. Sementara sunscreen berbentuk spray punya beberapa kekurangan. Kalau kamu terlanjur beli yang spray, ikuti cara berikut ini supaya efektif.

Tahan botol 2-3 inci dari tubuh dan semprotkan ke kulit. Gosok ke kulit lalu kembali semprotkan untuk memastikan tidak ada tempat yang tertinggal. Bisa juga kamu semprotkan ke tangan lalu aplikasikan langsung ke kulit.

4. Menjanjikan perlindungan ‘waterproof’
Sekarang sunscreen tidak diperbolehkan mengklaim kalau mereka ‘waterproof‘. Sebagai gantinya yang digunakan yaitu ‘water resistance‘ untuk beberapa waktu seperti 40-80 menit.

Meski berlabel water resistance, kamu tetap harus memakainya kembali setiap 2 jam.

5. Tidak ada label ‘broad-spectrum’
Sinar UVB menyebabkan sunburn yang masih bisa dihalau oleh sunscreen biasa. Sayangnya sunscreen biasa tidak bisa menghalau sinar UVA yang merupakan penyebab penuaan dini dan kanker kulit.

Oleh sebab itu sunscreen kamu harus punya label ‘broad-spectrum’ supaya bisa melindungi juga dari sinar UVA.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.