Now Reading:
Cuma Buang Uang, Ini 10 Tanda Kamu Salah Pilih Sunscreen (Bag.2)
Full Article 2 minutes read

Cuma Buang Uang, Ini 10 Tanda Kamu Salah Pilih Sunscreen (Bag.2)

iyaa.com | Jakarta: Kamu mengalami sunburn meski sudah pakai sunscreen? Bisa jadi itu karena sunscreen kamu tidak benar-benar melindungi.

Tak hanya itu saja, masih ada tanda-tanda lain yang tunjukkan sunscreen kamu sebenarnya tidak efektif. Apa saja tanda-tandanya? Berikut 10 tanda kamu salah pilih sunscreen seperti yang dikutip dari Reader’s Digest.

6. Disimpan di bawah sinar UV atau tempat panas
Kalau kamu melihat sunscreen dipajang di bawah sinar UV, kamu mesti waspada. Pasalnya jika sunscreen disimpan di tempat yang temperaturnya tinggi, kandungan sunscreen dapat rusak. Akhirnya sunscreen kamu jadi kurang efektif.

7. Terlihat atau berbau aneh
Kamu mencium aroma aneh di sunscreen atau melihat warna sunscreen yang beda dari biasanya, maka baiknya jangan kamu pakai dan langsung ganti dengan yang baru. Sebab sunscreen yang sudah lama akan terlihat dan beraroma aneh.

8. Kulitmu terbakar
Apabila kamu merasa sensasi terbakar saat di bawah paparan sinar UV meski sudah pakai sunscreen, sebaiknya kamu langsung mencari tempat yang teduh. Itu artinya sunscreen kamu tidak memberi perlindungan pada kulit.

Beberapa pengobatan juga membuat kulit jadi photosensitive. Atau bisa juga kamu mengaplikasikan sunscreen namun masih ada beberapa area yang tidak terlindungi, sehingga kulit merasa sensasi terbakar.

Foto: Beauty Editor

9. Mengandung kimia yang bisa menyebabkan kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahan tabir surya tertentu sebenarnya dapat mempercepat perkembangan tumor kanker kulit seperti oxybenzone, retinyl palmitate, atau PABA.

Meski demikian penelitian tersebut masih jadi bahan perdebatan sebab kandungan seperti oxybenzone dan retinyl palmitate masih jadi kontroversi, ada yang menyebut aman dan ada juga yang tidak.

10. Simpan sunscreen terbaik untuk wajah
Sunscreen yang murah aman-aman saja digunakan oleh orang yang tidak berjerawat atau cenderung alergi. Namun kalau bicara area wajah, kamu harus memberikan produk yang terbaik.

Jadi jangan ragu membuang uangmu untuk mencari sunscreen terbaik bagi kulitmu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.