Now Reading:
Ini Sebab Makeup Bisa Bikin Jerawatan dan Tips Mencegahnya
Full Article 2 minutes read

Ini Sebab Makeup Bisa Bikin Jerawatan dan Tips Mencegahnya

iyaa.com | Jakarta: Jerawat bisa muncul karena makeup kesayangan yang kita pakai. Dan produk makeup yang sangat mungkin menyebabkan breakout adalah foundation.

Heavy liquid foundation adalah penyebab umum terjadinya jerawat. Jika ada jerawat muncul sehari setelah memakai makeup, foundation mungkin penyebabnya,” kata Dr. Joshua Zeichner, Direktur Cosmetic & Clinical Research in Dermatology di Mount Sinai Hospital, dilansir dari Makeup.

Meski begitu, foundation dan makeup bukan satu-satunya penyebab jerawat karena tingkat parahnya jerawat berkaitan dengan kombinasi genetika dan lingkungan. Ada sebagian orang yang pori-porinya tersumbat sedikit saja bisa jerawatan. Sebagian lain hampir tidak pernah berjerawat.

Jika makeup penyebab berjerawat, kita harus memastikan wajah selalu dibersihkan dan dipersiapkan dengan baik sebelum memakai foundation.

Dr. Zeichner memberikan beberapa tips mencegah munculnya jerawat karena makeup.

1. Sebelum memakai makeup, bersihkan wajah dengan cleanser yang mengandung salicylic acid.
2. Penting untuk memakai makeup yang noncomedogenic, sebab ini berarti produk tersebut tidak menimbulkan breakout.
3. Pakai makeup yang mineral-based atau pakai powder foundation karena formulanya ringan.
4. Pastikan alat makeup seperti brush dan spons bersih. Serta cuci muka sebelum tidur untuk membersihkan makeup di wajah.

Meski makeup bisa membuatmu jerawatan, Dr. Zeichner membolehkan untuk tetap memakai makeup. “Saya mendorong pasien saya untuk memakai makeup jika itu membuat mereka merasa lebih baik. Pilih produk makeup yang tepat yang cocok untuk kulit berjerawat,” jelasnya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.