Now Reading:
Hati-Hati Salah Pilih, Hindari 5 Ingredients Ini Saat Beli Pelembap
Full Article 2 minutes read

Hati-Hati Salah Pilih, Hindari 5 Ingredients Ini Saat Beli Pelembap

iyaa.com | Jakarta: Pelembap hadir dalam beragam pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulitmu. Meski label pelembap menunjukkan produk itu untuk tipe kulit tertentu, kamu tetap harus melihat ingredients di dalamnya.

Karena beberapa ingredients mungkin saja tidak cocok di kulitmu. Jadi sebelum membeli pelembap pastikan kamu menghindari 5 hal ini, seperti yang dirangkum oleh WebMD.

– Pewarna dan parfum
Apabila kamu ingin melembapkan kulit kering, kulit sensitif, atau antara keduanya, para ahli sepakat agar kamu menghindari ingredients yang tidak perlu dan berpotensi mengiritasi, seperti tambahan warna dan parfum.

Ingredients antibakteri juga termasuk yang tidak perlu sebab bagi pemilik kulit kering atau sensitif, kandungan tersebut dapat mengangkat kelembapan alami kulit.

– Hindari lactic acid atau urea
Bagi penderita eczema atau cracked skin, kamu perlu menghindari pelembap yang mengandung urea atau lactic acid di dalamnya. Sebab bahan-bahan tadi dapat membuat kulit kering, yang akhirnya memperburuk iritasi kulit yang sudah ada.

Foto: Freepik/Jcomp

– Ingredients yang umum di produk perawatan tubuh
Apa yang baik di tubuh belum tentu baik untuk wajahmu. Oleh karena itu hindari pelembap yang di dalamnya terdapat kandungan yang umum dalam produk perawatan tubuh, seperti mineral oil, lanolin, waxes, atau shea butter.

Soalnya kandungan yang disebutkan tadi dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di wajah.

– Terlalu banyak ‘acids’
Hindari pelembap yang mengandung AHA, glycolic acid, retinoic acid, dan salicylic acid jika kulitmu kering atau sensitif. Ingredients tadi dapat masuk lebih dalam ke kulit dan menyebabkan masalah pada kulitmu yang peka itu.

Jangan lupa, pemilik kulit kering dan sensitif juga perlu menghindari pelembap yang ada kandungan alkoholnya.

– Menggunakan bahan steroid berlebihan
Bagi pemilik itchy skin (pruritus) kamu perlu membatasi penggunaan krim steroid atau ointment kamu hanya satu atau dua minggu sampai dokter kamu menyarankan untuk menggunakannya lebih lama.

Pasalnya berlebihan menggunakan krim ini dapat membuat kulit jadi lebih tipis yang akhirnya memicu munculnya masalah kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.