Now Reading:
8 Manfaat yang Didapat dari Rosehip Oil
Full Article 2 minutes read

8 Manfaat yang Didapat dari Rosehip Oil

iyaa.com | Jakarta: Rosehip oil merupakan salah satu minyak yang bagus untuk kulit. Rosehip oil tidak diekstrak dari mawar yang telah mekar, tapi di-press dari biji buah rosehip liar.

Rosehip oil memiliki rasio tinggi asam linoleat, alfa-linolenat, dan oleat, tokoferol, dan karotenoid. Kombinasi ini membuatnya berguna sebagai anti-inflamasi dan antioksidan untuk menetralkan stres oksidatif. Dilansir dari Women’s Health, berikut manfaat rosehip oil.

1. Melembapkan kulit
Pemakaian rosehip oil secara rutin mampu membuat wajah tidak kering, karena kandungan asam lemak bebas, termasuk asam linoleat dalam rosehip oil. Asam linoleat adalah komponen penting ceramide, elemen utama pelembap kulit.

2. Anti-aging
Rosehip oil kaya akan vitamin C yang mampu melindungi dan memperbaiki kulit dari kerusakan sinar UV serta membantu mengurangi kerutan. Selain itu terdapat pula karotenoid, senyawa mirip vitamin A, yang membuat kulit lebih cerah.

3. Mencerahkan kulit
Seperti disebutkan, rosehip oil mengandung vitamin C, yang terbukti efektif mengurangi hiper-pigmentasi dan mencerahkan kulit.

4. Memperbaiki bekas luka
Beberapa penelitian awal pada sel-sel kulit di laboratorium menunjukkan bahwa minyak rosehip efektif memperbaiki bekas luka. Minyak rosehip membantu merangsang makrofag untuk berubah menjadi bentuk yang mempromosikan penyembuhan yang baik.

5. Antibakteri
Fenol dalam minyak rosehip memiliki sifat antibakteri, antiviral, dan antijamur. Selama tak mengiritasi kulit yang rentan eksim, rosehip oil dapat menghidrasi kembali kulit serta mencegah infeksi yang biasa terlihat pada eksim.

6. Mengurangi pigmentasi kulit
Retinoid dalam rosehip oil, seperti asam retinoat trans, membantu mencerahkan pigmen.

7. Melawan jerawat
Retinoid memberikan efek yang mirip dengan Retin-A, mengatur pergantian sel sedemikian rupa sehingga mengurangi penyumbatan folikel dan pembentukan komedo.

8. Membantu mengatasi strecth mark
Ada penelitian tentang krim pencegah stretch mark yang mengandung rosehip oil. Wanita yang menggunakan krim sepanjang kehamilan cenderung tidak memiliki stretch mark, dan mereka yang sudah memiliki stretch mark menemukan bahwa strecth mark tidak menjadi lebih buruk.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.