Now Reading:
Susah Buang Air Besar? Coba Lakukan 5 Cara Mudah Ini
Full Article 2 minutes read

Susah Buang Air Besar? Coba Lakukan 5 Cara Mudah Ini

iyaa.com | Jakarta: Susah buang air besar (BAB) jadi masalah yang paling sering dialami. Biasanya, BAB yang normal berkisar di antara setiap hari hingga 3 hari sekali. Namun untuk mereka yang sulit BAB, biasanya di atas empat hari sampai seminggu sekali.

BAB yang tak lancar tentunya akan berpengaruh pada kesehatan. Salah satunya adalah penumpukan ‘sampah’ dalam usus.

Jika hal ini terjadi, coba lakukan 5 cara mudah untuk melancarkan buang air besar seperti dikutip dari Kumparan berikut ini:

Foto: Pexels

1. Konsumsi makanan kaya serat
Mengkonsumsi makanan kaya serat dan tinggi kadar air dapat melancarkan proses BAB. Seperti wortel yang masih mentah, apel dan alpukat miliki kansungan serat yang bagus melancarkan pencernaan.

2. Konsumsi suplemen yang mengandung banyak serat
Seseorang dengan usia di atas 17 tahun idealnya mengkonsumsi 25-30 gram serat setiap hari. Jika serat dalam makanan yang dikonsumsi tak mencukupi, sebaiknya tambahkan suplemen dengan kandungan 6 hingga 9 gram serat. Jangan lupa pilih suplemen yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Foto: Pixabay

3. Kopi panas
Minum secangkir kopi atau teh panas di pagi hari biasanya akan membuat usus bereaksi dan melancarkan BAB. Kopi dengan kandungan kafein yang tinggi diketahui mampu menstimulasi pergerakan usus.

4. Olahraga kecil
Coba lakukan olahraga kecil seperti jogging, naik sepeda, atau berjalan kaki selama beberapa menit di pagi hari. Hal ini akan meningkatkan metabolisme tubuh yang membuat usus ikut bergerak dan mendorong hasrat untuk BAB.

Foto: Pexels

5. Pijatan lembut di area perineum
Berdasarkan penelitian di Journal of General Internal Medicine tahun 2015, terdapat 1 teknik melancarkan BAB yaitu memijat lembut perineum (area kelamin antara vagina dan bokong) dengan jari telunjuk. Teknik ini juga dapat meringankan sembelit karena adanya tekanan di area tersebut.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.