Now Reading:
Bisakah Jenis Kulitmu Berubah dengan Sendirinya? Begini Jawaban Ahlinya
Full Article 2 minutes read

Bisakah Jenis Kulitmu Berubah dengan Sendirinya? Begini Jawaban Ahlinya

iyaa.com | Jakarta: Kulitmu normalnya berminyak, namun tahu-tahu berubah jadi kering. Loh kok bisa? Penyebabnya apa ya?

Dua dermatologis, Dhaval Bhanusali, MD FAAD, dan Joshua Zeichner, MD, mengungkap ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan pada jenis kulit.

Menurut Dhaval Bhanusali, apabila kulitmu yang awalnya berminyak berubah jadi normal, kombinasi, atau kering, itu terjadi akibat faktor usia.

“Saat usia remaja dan 20-an, hormon meningkat dan berakhir dengan meningkatkan produksi minyak. Seiring bertambah usia, produksi minyak cenderung menurun yang membuat kulit jadi lebih kering dan mudah iritasi,” papar Dhaval, dikutip dari Popsugar, Kamis (13/12/2018).

Bukan hanya usia, dermatologis Joshua juga menyebut faktor lainnya yang menyebabkan jenis kulit jadi berubah, yakni karena cuaca.

“Cuaca secara signifikan mempengaruhi kulitmu, yang membuat kita merasa berat atau greasy saat musim panas dan kering atau pecah-pecah saat musim dingin,” ungkap Joshua.

Cuaca dan usia mungkin faktor yang tidak bisa dikontrol, namun perubahan jenis kulit juga disebabkan oleh kebiasaanmu sendiri, misalnya kamu gemar minum kopi namun tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup.

“Kamu dapat mengikis semua minyak baik dari kulit dan sebenarnya menyebabkan breakout karena sebagai ganti hipersekresi minyak ke dalam pori-porimu,” jelas Dhaval.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.