Now Reading:
6 Kesalahan Umum Saat Memakai Bronzer
Full Article 2 minutes read

6 Kesalahan Umum Saat Memakai Bronzer

iyaa.com | Jakarta: Bronzer bisa memberi efek hangat yang alami pada wajah ketika terkena sinar matahari. Kulit jadi lebih eksotis dan tampak bercahaya. Tapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, bronzer justru bikin wajah jadi terlihat fake.

Berikut ini kesalahan memakai bronzer yang perlu dihindari dan simak tipsnya dari Celebrity makeup artist Allan Avendaño, dilasnir dari InStyle.

1. Salah pilih shade
Salah pilih shade bronzer bisa membuat tampilan akhir riasan jadi tak bagus. Pilih shade yang tidak terlalu merah atau oranye karena ini membuat wajah tidak natural. Avendaño menyarankan untuk memilih bronzer yang 1 atau 2 tingkat lebih gelap dari warna kulit. Namun ini dapat bervariasi tergantung skin tone.

2. Tidak pakai alat yang tepat
Jika memakai bronzer yang cream atau liquid, Avendaño merekomendasikan flat-ended brush atau beauty blender karena alat ini mampu membaurkan produk secara merata dan halus ke kulit.

Untuk powder, sebaiknya memakai fan brush. Meski butuh waktu untuk memakainya, fan brush ideal untuk mengaplikasikan powder karena dapat secara akurat membentuk wajah, serta dapat mengaplikasikan bronzer secara ringan sehingga mudah membangun warnanya.

3. Tidak memperhatikan jenis kulit
Formula bronzer yang dipakai tergantung preferensi pribadi. Tapi Avendaño menyarankan, jika kulit cenderung berminyak, sebaiknya hindari powder bronzer. Cream atau liquid lebih cocok karena hasilnya terlihat dewy dan menyatu dengan minyak alami kulit.

Foto: alexie.co

4. Mengaplikasikan di tempat yang salah
Untuk menghasilkan tampilan natural glowing, aplikasikan bronzer di titik-titik wajah yang terkena sinar matahari secara alami. Tips mudah dari Avendaño, gambar angka 3 dengan bronzer dimulai dari pelipis, tulang pipi, lalu turun ke rahang, kemudian baurkan hingga merata.

Jika ingin tampilan lebih glamor, gunakan bronzer untuk menambah sedikit contour untuk membentuk wajah.

5. Tidak menggunakan pencahayaan yang tepat
Untuk memastikan kita memakai shade yang tepat, aplikasikan bronzer di bawah pencahayaan alami. Avendaño menyarankan untuk memakai bronzer di luar ruangan sambil membawa cermin. Jika pencahayaan ruangan terlalu biru, warna bronzer tak akan muncul. Jika pencahayaan terlalu kuning, warna bronzer tampak lebih oranye dari aslinya.

6. Pakai produk terlalu banyak
Meski sudah mengikuti tata cara memakai bronzer, kesalahan bisa saja masih terjadi, seperti memakai bronzer terlalu banyak di tulang pipi. Solusinya, pakai beauty blender yang lembap untuk men-dabbing area yang terlalu banyak bronzer. Kemudian ambil sedikit foundation dan baurkan untuk menurunkan warna bronzer.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.