Now Reading:
10 Tips Merawat Rambut Diwarnai yang Perlu Kamu Tahu (Bag. 1)
Full Article 2 minutes read

10 Tips Merawat Rambut Diwarnai yang Perlu Kamu Tahu (Bag. 1)

iyaa.com | Jakarta: Rambut tentu harus kita rawat supaya tetap indah, namun perhatian lebih harus kamu berikan pada rambutmu yang diwarnai.

Kamu gak pengen kan sudah duduk berjam-jam di salon untuk warnain rambut, tapi warna rambut kamu hanya bertahan 2 minggu saja karena kamu gak merawatnya dengan baik.

Rambut yang diwarnai perlu diberikan perawatan khusus. Berikut 10 tips merawat rambut diwarnai yang perlu kamu tahu, seperti yang dilansir dari The Everygirl.

1. Tunggu 72 jam sebelum keramas
Saat mewarnai rambut, lapisan kutikula jadi terbuka sehingga memudahkan warna menyerap pada batang rambut. Karena kutikula terbuka, kamu perlu menunggu minimal 3 hari setelahnya untuk keramas sebab lapisan kutikula baru akan menutup 3 hari setelahnya.

Kalau sebelum 3 hari sudah keramas, maka warna rambutmu akan hilang karena bahan-bahan shampoo serta air. So, kamu perlu menunggu 3 hari atau lebih dulu supaya pigmen warna meresap ke kutikula rambut. Jadi warna rambutmu akan bertahan lebih lama.

2. Pakai shampoo dan kondisioner sulfate-free
Sodium laureth sulfate atau juga dikenal sodium laureth ether sulfate umum ditemui dalam produk perawatan diri untuk menghasilkan busa.

Memakai shampoo dan kondisioner yang ada SLS-nya beresiko membuat warna rambutmu pudar, sebab kandungan tersebut menarik kelembapan dan minyak rambut alami. Jadi untuk merawat rambut diwarnai kamu perlu gunakan shampoo dan kondisioner yang sulfate-free.

3. Tambahkan ‘pewarna’ ke kondisioner
Kalau kamu pede mewarnai rambut dengan warna-warna terang, ada baiknya kalau kamu menambah sedikit pewarna rambut ke kondisioner kamu saat keramas. Cara ini bisa mewarnai ulang rambutmu setiap keramas sehingga tetap terlihat fresh.

4. Atur suhu air saat keramas
Mandi air panas rasanya membuat tubuh rileks, tapi sayangnya bisa membuka kutikula rambut sehingga mudah melunturkan warna rambut saat keramas. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya keramas dan pakai kondisioner dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin.

Air hangat akan membuat shampoo dan kondisioner meresap dan membersihkan rambut, sementara air dingin akan mengunci kelembapan dari kondisioner sekaligus mencegah warna rambutmu luntur.

5. Jangan sering keramas
Kalau ingin warna rambut bertahan lama, maka kamu perlu menghindari yang namanya keramas setiap hari. Tak hanya mengangkat minyak alami rambut, keramas setiap hari juga mencuci pewarna rambutmu. Jadi keramas 2-3 kali seminggu saja.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.