Now Reading:
Punya Efek Samping, Ini 3 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Maskara Waterproof
Full Article 2 minutes read

Punya Efek Samping, Ini 3 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Maskara Waterproof

iyaa.com | Jakarta: Maskara waterproof memang bagus untuk membuat bulu mata lentik tanpa khawatir gampang luntur. Meski begitu, ada efek samping dari pemakaian maskara waterproof terutama bila dipakai setiap hari.

Ahli dermatologi Dendy Engelman, M.D., menjelaskan hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang maskara waterproof.

1. Maskara waterproof bisa membuat bulu mata kering
Dilansir dari Self, wax dan silikon membuat maskara waterproof lebih tahan terhadap keringat, air mata, dan air. Jika dibandingkan dengan maskara reguler, maskara waterproof mengandung ingredient tambahan seperti isododecane dan cyclopentasiloxane.

Ingredient yang membuat maskara menjadi waterproof punya efek samping, yakni membuat bulu mata jadi kering dan rentan rontok. Ini sama seperti lipstik yang tahan lama, yang membuat bibir terasa pecah-pecah dan kering.

2. Cara menghapus maskara waterproof tanpa merusak bulu mata
Karena maskara waterproof dirancang dapat bertahan lama, menghapusnya menjadi sulit. Ini bisa merusak bulu mata dibanding maskara biasa. Sebab menghapus makeup waterproof membutuhkan banyak tahap, yang mana akan ada banyak gosokan pada bulu mata.

Maka penting untuk menggunakan makeup remover yang oil-based. Kemudian dilanjutkan dengan face cleanser untuk mengangkat residu minyak.

3. Hapus maskara waterproof sebelum tidur
Meskipun susah menghapus maskara waterproof, Dr. Engelman menyarankan untuk selalu menghapusnya terutama sebelum tidur.

Tidur dengan maskara masih menempel bisa membuat bulu mata jadi kering dan rontok. Meski tak rontok, bulu mata bisa patah. Sebab bulu mata yang dilapisi maskara jadi kaku sehingga bisa tertekuk dan terbentur saat kita tidur.

Ada eyelash serum untuk merawat bulu mata. Namun menurun Dr. Engelman produk ini tidak efektif. Jadi lebih baik menjaga bulu mata tetap utuh sejak awal.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.