Now Reading:
Sering Disangka Sama, Ketahui Bedanya Alergi dan Iritasi
Full Article 2 minutes read

Sering Disangka Sama, Ketahui Bedanya Alergi dan Iritasi

iyaaa.com | Jakarta: Saat mencoba produk kecantikan baru lalu timbul reaksi pada kulit, seperti gatal atau kemerahan, kita cenderung menyebutnya alergi atau iritasi. Padahal keduanya berbeda loh.

Dermatolog dari Skin 3 Clinic Jakarta, dr. Astri Adelia, SpDV, menjelaskan perbedaan antara kedua istilah tersebut.

“Ketika kita menggunakan sebuah produk perawatan kulit untuk kali pertama lalu muncul reaksi seperti gatal, kemerahan, panas, atau beruntusan, lanjutkan saja tidak apa-apa. Jika setelah beberapa kali pemakaian, reaksi gatal atau jerawatnya semakin parah, segera hentikan pemakaian. Bisa jadi itu reaksi alergi atau iritasi yang dipicu oleh kandungan zat dalam produk itu,” ungkap Astri, seperti dikutip dari Aura, Selasa (11/12/2018).

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan keduanya terletak pada konsentrasi zatnya. Dipaparkan Astri, iritasi terjadi karena konsentrasi kandungan zat tertentu di produk kecantikan tidak cocok dengan kulit.

“Kalau suatu saat Anda memakai produk serupa dengan konsentrasi zat yang lebih rendah, mungkin tidak akan menimbulkan reaksi negatif. Kalau alergi, konsentrasi zat sebesar atau sekecil apapun pasti menimbulkan manifestasi seperti merah atau gatal,” jelasnya lagi.

Lalu bagaimana kita membedakan keduanya? Caranya kamu hanya perlu menghentikan pemakaian produk yang memicu reaksi itu.

Kalau sudah tidak pakai produk tersebut selama seminggu tapi masih ada sensasi panas, gatal, atau kemerahan, itu artinya kulitmu mengalami alergi. Kalau sebaliknya, berhenti pakai produk dan sensasi panas atau gatal tidak muncul lagi, itu artinya kamu mengalami iritasi kulit.

“Namun jika sensasi panas, jerawat, dan gatal-gatal itu mereda setelah Anda menghentikan pemakaian produk kecantikan, maka itu pertanda Anda mengalami iritasi,” tutup Astri.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.