Now Reading:
5 Alasan Lidah Buaya Jadi Ingredient Skincare yang Istimewa
Full Article 2 minutes read

5 Alasan Lidah Buaya Jadi Ingredient Skincare yang Istimewa

iyaa.com | Jakarta: Lidah buaya telah banyak dipakai sebagai bahan dasar produk maupun DIY skincare. Tanaman yang satu ini dipercaya dapat mengatasi banyak masalah kulit sekaligus memberi nutrisi. Lantas, apa saja yang membuat lidah buaya istimewa dalam perawatan kulit?

1. Lidah buaya kaya akan vitamin
Dilansir dari Elle, lidah buaya mengandung polisakarida yang memberi manfaat menghidrasi kulit dan anti-inflamasi, serta membuat pelindung pada kulit.

Lidah buaya juga mengandung pitosterol yang membantu meredakan gatal dan iritasi, serta memberikan perlindungan terhadap TEWL (trans-epidermal water loss atau proses hilangnya air secara alami pada kulit).

Selain itu gel lidah buaya memiliki senyawa bioaktif yang kaya akan vitamin A, B , C, D, dan E, serta mineral seperti magnesium, kalium dan seng, yang merupakan khasiat penyembuhan dari lidah buaya.

2. Ideal untuk mengatasi sunburn atau iritasi
Gel lidah buaya memiliki sifat pendinginan yang dapat menenangkan kulit yang telah terpapar matahari dalam jangka waktu yang lama. Lidah buaya dapat digunakan untuk mengurangi iritasi kulit dan radang seperti jerawat dan eksim.

Selain sensani dingin, lidah buaya juga dapat memberikan vitamin dan mineral pada kulit yang terbakar. Setiap jenis luka bakar akan menciptakan kerusakan pada penghalang kelembaban kulit. Karena dapat menghidrasi, lidah buaya dapat membantu memperbaiki penghalang kulit lebih cepat.

Foto: techrealtime.com

3. Cocok untuk DIY skincare
Gunakan gel lidah buaya yang masih segar dari tanaman, oleskan langsung ke wajah sebagai masker. Atau ekstak gelnya untuk dibuat scrub. Bisa juga mengeksfoliasi kulit dengan campuran gel lidah buaya, minyak zaitun, dan gula palem.

Gel lidah buaya juga dapat dibekukan di wadah es batu. Kapanpun butuh mendinginkan wajah, gosokkan saja gel lidah buaya beku. Lidah buaya juga baik untuk mencukur bulu kaki tanpa terjadi iritasi.

4. Mudah diaplikasikan sebagai serum
Karena memiliki kandungan air yang tinggi, lidah buaya bisa dimanfaat sebagai serum kulit. Oleskan ke wajah setelah dibersihkan dan kemudian lanjutkan dengan pelembab. Pelembab jadi mengandung minyak dan oklusif yang akan memastikan lidah di bawahnya akan meresap ke dalam kulit.

5. Dapat menyembuhkan kerak kering akibat luka
Kerak kering akibat luka bisa dilembapkan dengan gel lidah buaya segar. Setelah itu dengan bagian belakang sendok, tahan di atas area kering tadi selama tiga menit. Biarkan lidah buaya kering.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.