Now Reading:
Kulitmu Berminyak? Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Full Article 2 minutes read

Kulitmu Berminyak? Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

iyaa.com | Jakarta: Makanan yang kita konsumsi dapat berpengaruh pada kondisi kulit kita, entah itu membuat kulit jadi lembap dan cerah atau justru kulit jadi makin berminyak.

Maka bagi pemilik kulit berminyak, penting untuk memperhatikan apa yang dimakan. Di antaranya adalah makanan yang punya indeks glikemik tinggi, seperti pretzel, buah kering, sereal dingin, roti putih, dan pasta putih.

“Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi memicu aliran sinyal hormonal yang mencakup peningkatan IGF-1 (insulin-like growth factor 1). Rangkaian kejadian ini memicu peradangan dan produksi sebum yang berlebihan di kulit,” jelas ahli dermatologi Dr. Whitney Bowe, dilansir dari Coveteur.

IGF-1 merupakan hormon yang diproduksi oleh hati dan otot rangka serta jaringan lainnya sebagai respon terhadap stimulasi growth hormone (GH).

Foto: Freepik

Penulis best-seller Kimberly Snyder juga menyoroti produk olahan susu karena mengandung hormon yang dapat menyebabkan peradangan dan racun yang mempromosikan kulit berminyak.

“Hindari juga lemak jahat seperti gorengan atau minyak goreng, minyak sayur, lemak hewan berlebihan, karena makanan ini membebani hati dan memiliki efek merusak kulit,” kata Snyder.

Makanan apa yang harus dikonsumsi?
Maka dari itu, pilih makanan yang berindeks glikemik rendah karena dapat mengurangi ukuran kelenjar sebasea (sebaceous) sehingga menghasilkan lebih sedikit minyak dan jerawat.

Snyder merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dengan lemak bagus seperti biji chia, kenari, biji wijen, hemp, atau biji rami karena mengandung asam lemak omega-3.

Ini harus dimakan dengan salad dengan daun-daunan hijau untuk mempermudah pencernaan. Timun kaya akan air yang mengandung enzim, vitamin B, nutrisi, dan elektrolit untuk membuat kulit bersinar dari dalam. Air yang kaya akan enzim dalam timun membuatnya menjadi hidrator yang sangat baik yang memiliki efek pendinginan alami pada kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.