Now Reading:
Perlukah Memakai Shampo Hingga Dua Kali Saat Keramas?
Full Article 2 minutes read

Perlukah Memakai Shampo Hingga Dua Kali Saat Keramas?

iyaa.com | Jakarta: Kadang-kadang kita memakai shampo hingga dua kali saat keramas. Ini biasanya karena kita merasa kurang bersih pada proses mencuci rambut yang pertama. Tapi apakah sebenarnya perlu untuk shampoan hingga dua kali?

“Penggunaan shampo yang kedua menyabuni rambut dengan lebih baik dan membuat rambut terasa lebih bersih, tapi tak ada alasan nyata untuk melakukan ini,” kata Iain Sallis, consultant trichologist dari Hairmedic, dilansir dari Glamour.

Namun keramas dua kali bisa dilakukan jika memiliki masalah kulit kepala seperti dermatitis seboroik di mana perlu mencuci rambut dengan shampo obat lebih sering.

Ini juga dilakukan di salon ketika mencuci rambut untuk menghilangkan penumpukan produk. Dan juga ketika mewarnai rambut, rambut dicuci dua kali untuk memastikan tidak ada sisa pewarna atau produk bleaching yang menempel.

Sementara itu trichologist terkemuka dan Direktur Komunikasi di Philip Kingsley, Anabel Kingsley, mengingatkan bahwa tujuan utama mencuci rambut atau keramas adalah membersihkan kulit kepala. Sebab seperti halnya kulit wajah, kulit kepala juga memiliki ribuan kelenjar keringat dan minyak, terdapat sel-sel kulit mati dan terpapar polusi yang sama seperti kulit wajah.

“Jika Anda keramas setiap hari hingga dua hari sekali, tak perlu menggunakan shampo hingga dua kali. Tapi jika keramas kurang dari tiga kali dalam seminggu, sebaiknya pakai shampoo dua kali (double cleansing) setiap keramas,” kata Kingsley.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.