Now Reading:
Mitos Fakta Seputar Foundation dan Concealer yang Perlu Makeup Junkies Tahu
Full Article 2 minutes read

Mitos Fakta Seputar Foundation dan Concealer yang Perlu Makeup Junkies Tahu

iyaa.com | Jakarta: Beberapa omongan soal produk kecantikan sering bikin kita bingung, termasuk soal foundation dan concealer.

Ada yang bilang kalau cuma ada satu shade yang cocok di kulit kita, dan ada juga yang tidak. Yang mana yang benar? Daripada bingung, buruan cek fakta dibalik mitos soal foundation dan concealer berikut ini, seperti dikutip dari Oprah.com.

1. Mitos: Cuma ada satu foundation yang cocok di kulitmu
Fakta: Foundation hadir dalam beberapa shade pilihan, jadi cara tercepat menemukan yang cocok buatmu adalah dengan bertanya pada beauty consultant. Konsultan dengan program komputerisasi akan lebih baik lagi. Kamu hanya perlu memotret wajah, nanti sistem komputer yang akan mencari warna yang cocok.

2. Mitos: Shade harus sama dengan warna kulit
Fakta: Kalau shade-nya terlalu terang, sapukan powder foundation atau bronzer (terutama sepanjang garis rambut dan garis rahang) untuk membuat tampilan terlihat warm. Kalau shade-nya terlalu gelap, campur pelembap dan foundation (dengan ukuran sebesar biji kacang) supaya warnanya lebih terang.

3. Mitos: Makin banyak shade-nya, makin mudah menemukan yang cocok
Fakta: Foundation tersedia dalam puluhan shade yang cenderung opaque, sementara brand yang menawarkan shade lebih sheer artinya masing-masing shade cocok dengan beragam skin tones.

Foto: Silvia Njoki

4. Mitos: Cara terbaik tes foundation ialah di punggung tangan
Fakta: Bukan di punggung tangan tapi di area antara telinga dan garis rahang. Pilih 3 shade pilihanmu lalu sapukan tipis-tipis dengan posisi vertikal. Mulai sekitar satu inci di depan telinga dan tepat di bawah tulang pipi turun ke rahang.

5. Mitos: Cermin beauty counter dan lampu neon ideal untuk tes foundation
Fakta: Yang kamu butuhkan adalah cahaya alami. Coba sapukan tiga shade foundation pilihanmu, lalu keluar sambil bawa cermin. Shade yang membaur itulah yang cocok denganmu.

6. Mitos: Tidak masalah kalau foundation dan concealer berasal dari brand yang sama
Fakta: Itu tidak masalah. Foundation dan concealer dari brand yang sama diformulasikan dengan bahan dan pigment yang sama, sehingga lebih baik saat di-blend.

7. Mitos: Concealer harus satu tingkat lebih cerah dari foundation
Fakta: Kalau goal kamu mencerahkan lingkaran gelap di bawah mata, maka concealer harus lebih cerah satu tingkat. Tapi kalau ingin menutupi bekas jerawat atau noda lainnya, kamu perlu shade yellow-based yang mirip dengan foundationmu, sebab kalau lebih cerah bekas jerawatmu justru akan tersorot.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.