Now Reading:
6 Manfaat Luar Biasa Minyak Kastor untuk Rambut
Full Article 2 minutes read

6 Manfaat Luar Biasa Minyak Kastor untuk Rambut

iyaa.com | Jakarta: Minyak kastor atau minyak jarak berasal dari biji tanaman jarak yang dikenal dengan nama Ricinus communis. Meski dianggap beracun, tapi minyak yang diekstrak dari bijinya cukup bermanfaat untuk rambut.

Dilansir dari Well and Good, minyak jarak biasanya digunakan untuk menangkal infeksi kulit karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Minyak jarak juga kaya akan asam lemak, tinggi vitamin E, dan asam lemak omega 6, sehingga dapat bekerja sebagai kondisioner rambut dan juga emolien alami. Selain itu, minyak jarak juga kaya protein dan mineral bergizi.

Karena sangat padat dan lengket, minyak kastor sebaiknya dicampur dengan carrier oil seperti minyak jojoba atau minyak kelapa. Disarankan Dominic Burg, MD, kepala ilmuwan dan ahli biologi rambut di Evolis Professional, campur 4 bagian carrier oil dan 1 bagian minyak kastor sebelum diaplikasikan pada rambut.

Foto: artnaturals.com

1. Mencegah rambut dari kekeringan
Karena merupakan ekstrak yang kental, minyak kastor baik untuk menyuburkan rambut. Minyak ini dapat melindungi ujung rambut yang rusak dari kekeringan yang parah akibat dari penggunaan shampo atau air yang terlalu keras.

2. Melindungi rambut dari panas alat styling
Minyak kastor dapat berfungsi sebagai heat protectant, yang bagus untuk pelindung rambut ketika menggunakan heat styling tool. Oleskan minyak saat rambut setengah kering.

3. Mengatasi rambut kusut
Rambut kusut bisa diatasi dengan minyak kastor. Cukup oleskan pada rambut yang kering sebagai langkah terakhir proses styling. Minyak kastor juga mencegah frizzy karena dapat membuat rambut jadi halus.

4. Memperbaiki rambut rontok
Belum ada penelitian bahwa minyak kastor dapat membantu pertumbuhan rambut. Meski begitu, minyak ini bisa dioleskan pada kulit kepala untuk mencegah dan memperbaiki rambut rontok.

5. Mengobati folikulitis
Folikulitis (peradangan pada folikel rambut) dan ketombe bisa diatasi dengan minyak kastor karena sifat antijamur dan antimikrobanya.

6. Menyeimbangkan pH kulit kepala
Sama seperti kulit dan kuku, pH kulit kepala juga perlu diseimbangkan. Ini bisa dilakukan dengan minyak kastor karena kandungan ricinoleic acid, yang juga dapat memulihkan kerusakan rambut akibat dari penggunaan shampo yang keras.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.