Now Reading:
8 Kesalahan Makeup yang Bisa Memperparah Jerawat
Full Article 2 minutes read

8 Kesalahan Makeup yang Bisa Memperparah Jerawat

iyaa.com | Jakarta: Jerawat yang menganggu penampilan biasanya bakal ditutupi dengan makeup. Meski menguasai tekniknya, makeup bisa membuat jerawat makin parah jika kamu melakukan kesalahan berikut ini, dilansir dari Total Beauty.

1. Pakai brush yang kotor
Brush atau alat makeup lainnya yang kotor bisa meningkatkan munculnya lebih banyak jerawat dan iritasi. Cukup cuci brush seminggu sekali dengan air hangat dan cleanser lembut untuk menyingkirkan bakteri dan minyak yang menempel.

2. Memencet jerawat sebelum ditutupi makeup
Kamu mungkin berpikir memencet jerawat bisa membuatnya mengempis dan ukurannya mengecil, sehingga gampang ditutupi dengan makeup. Ini salah besar.

Memencet jerawat hanya meningkatkan risiko infeksi, membuatnya lama untuk sembuh, dan menimbulkan jaringan parut. Apalagi bila disapukan makeup di atasnya, jerawat makin lebih lama untuk sembuh.

3. Berlebihan pakai makeup
Concealer dan foundation dapat menutupi jerawat dengan sempurna. Tapi bukan berarti boleh diaplikasikan banyak-banyak agar jerawat benar-benar tertutup. Jerawat akan makin lama sembuh. Untuk menyamarkan kemerahan, lebih baik cocokkan shade concealer dengan skin tone atau pakai color corrector warna hijau.

4. Tidak pakai sunscreen
Ketika jerawatan, suncreen tidak akan membuat jerawat makin parah, karena justru paparan sinar mataharilah yang bisa membuat jerawat sulit sembuh.

5. Pakai jari untuk aplikasikan makeup
Seperti brush, tangan juga perlu dicuci sebelum mengaplikasikan makeup. Tapi supaya aman, lebih baik pakai concealer dalam tube atau botol dropper. Aplikasikan tipis-tipis, lalu di-set dengan mineral-based powder.

6. Lupa eksfoliasi
Jika ada sel kulit mati yang kering di sekitar jerawat, menutupinya dengan makeup malah membuatnya jadi flaky. Maka lakukan eksfoliasi terlebih dahulu, lalu pakai pelembap.

7. Salah pakai jenis makeup
Lebih baik pakai makeup yang oil-free dan non-comedogenic ketika berjerawat. Ini agar pori-pori tidak tersumbat sehingga timbul jerawat.

8. Tidak mengobati jerawat
Menutupi jerawat dengan makeup terus-menerus tidak disarankan. Jerawat seharusnya disembuhkan, bukan disembunyikan di balik tebalnya makeup. Konsultasi dengan ahlinya untuk mengobati jerawatmu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.