Now Reading:
Skincare Kamu Tak Lagi Bekerja Efektif? Cek 4 Hal Ini Sebelum Ganti Produk Baru
Full Article 2 minutes read

Skincare Kamu Tak Lagi Bekerja Efektif? Cek 4 Hal Ini Sebelum Ganti Produk Baru

iyaa.com | Jakarta: Kamu mungkin pernah mengalami, produk skincare yang kamu pakai terasa tak lagi bekerja dengan baik seperti saat pertama kamu memakainya.

Sebelum memutuskan untuk membeli produk baru, ada baiknya kamu mengetahui apa yang salah dalam produk skincare milikmu.

1. Cek tanggal kadaluarsa

Foto: Freepik @Valeria_aksakova

Dilansir dari Skincare.com, jika skincare kamu tak lagi memberi manfaat yang sama seperti sebelumnya, bisa jadi produk itu sudah kadaluarsa. Cek tanggal kadaluarsa pada kemasan. Jika tak ada, secara umum skincare bisa dipakai dalam rentang enam bulan hingga 1 tahun. Bisa juga dengan melihat perubahan pada aroma dan wujudnya.

Kamu mungkin merasa sayang dengan produk mahal yang belum habis kamu pakai tapi sudah kadaluarsa. Lebih baik segera membuangnya. Sebab produk kadaluarsa bisa menyebabkan iritasi atau bahkan breakout.

2. Sudah urutkah pemakaian skincare-mu?

Foto: Freepik @Yanalya

Urutan pengaplikasian produk skincare berpengaruh pada performanya sehingga memberi hasil yang optimal. Urutan ini juga sangat penting agar bahan aktif dalam skincare terserap dengan baik. Mulailah dari produk skincare yang punya konsistensi ringan ke berat. Sunscreen selalu berada di urutan akhir.

3. Bagaiman caramu menyimpan produk skincare?

Foto: Freepik @Nensuria

Menyimpan produk skincare dengan baik bisa memperpanjang usia pemakaiannya. Contohnya vitamin C. Vitamin C dapat terurai di bawah paparan sinar matahari. Maka dari itu, formula vitamin C topikal lebih baik disimpan dalam botol gelap di tempat yang sejuk dan kering.

Produk skincare lainnya harus dijauhkan dari panas dan disimpan dalam suhu yang konsisten. Jadi tak boleh disimpan dalam lemari kamar mandi di dekat shower. Jika kamu tak menyimpan produk skincare dengan benar, ada kemungkinan produk tersebut tidak berfungsi sebaik dulu karena alasan itu.

4. Kamu mungkin butuh produk berkonsentrasi tinggi

Foto: Freepik @Katemangostar

Ini terutama buat kamu pengguna retinol. Jika retinol yang kamu pakai tak lagi terasa seefektif sebelumnya, mungkin kamu membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi. Itulah sebabnya ahli dermatolog merekomendasikan untuk memulai dengan konsentrasi yang lebih rendah agar kulit membangun toleransi terhadapnya.

Sementara itu, jika kulit tak lagi mengelupas bukan berarti retinol berhenti bekerja dengan baik. Bisa jadi retinol tidak lagi menyebabkan kekeringan atau mengiritasi kulit, atau bahwa kulit akhirnya terbiasa dengan keampuhan bahan dasarnya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.