Now Reading:
Kurangi Rambut Berminyak dengan Rutinitas Perawatan Rambut dalam 4 Hari
Full Article 3 minutes read

Kurangi Rambut Berminyak dengan Rutinitas Perawatan Rambut dalam 4 Hari

iyaa.com | Jakarta: Punya rambut gampang berminyak seringkali membuat kita berada dalam situasi sulit. Keramas setiap hari jadi solusi, tapi keseringan mencuci rambut malah memicu produksi minyak lebih banyak.

Untuk membuat rambut tak terlalu berminyak, ada cara mudah yang bisa kamu ikuti dalam rutinitas perawatan rambut dalam 4 hari, seperti dilansir dari Byrdie.

Hari ke-1: mencuci rambut

Foto: Freepik @Yanalya

Kebanyakan shampo mengandung deterjen yang membersihkan kulit kepala secara berlebihan. Pada awalnya rambut terasa bersih, tapi seiring waktu produksi minyak semakin banyak karena kondisi kulit kepala yang kering. Maka pilihlah shampo yang bebas sulfat. Jika merasa ada banyak produk yang menumpuk di rambut (seperti hair spray), gunakan clarifying shampoo untuk ‘mengatur ulang’ kulit kepala.

Hari ke-2: dry shampo

Foto: Pexels @Element5-Digital

Jika rambut mulai berminyak di hari ke-2, lebih baik pakai dry shampo daripada harus keramas lagi. Allison Friedman penata rambut senior dari Warren-Tricomi Salon menyarankan untuk memakai dry shampoo setelah keramas agar langsung bekerja bergitu kulit kepala mulai berminyak. Aplikasikan kembali dry shampoo di hari berikutnya bila diperlukan.

Sementara jika berkeringat saat olahraga, Lauren Thompson penata rambut dari Nunzio Saviano Salon menyarankan untuk memakai headband atau sweatband di garis rambut untuk menyerap keringat. Pakai dry shampoo di malam harinya, lalu sanggul rambut di atas kepala. Rambut yang sudah di-blow tak akan rusak.

Hari ke-3: atur gaya rambut

Foto: byrdie

Rambut mungkin mulai terlihat sedikit kotor. Tapi tak perlu khawatir. Sanggullah rambut dengan gaya loose chignon. Sebab rambut yang agak berminyak membuat gaya rambut yang berantakan ini jadi terlihat bagus. Menyanggul rambut juga baik agar jari-jarimu tak keseringan menyentuh rambut, yang mana membuatnya makin berminyak.

Hari ke-4: bilas rambut dengan cuka apel

Foto: Pexels @Rawpixel.com

Saat sedang mandi, tuang sedikit cuka apel ke rambut, ratakan ke akar rambut, lalu bilas. Cuka apel organik cukup asam sehingga membantu mengembalikan keseimbangan pH rambut dan membersihkan kulit kepala. Cuka apel cukup lembut tanpa merusak rambut.

Hari ke-5: saatnya keramas lagi

Foto: readers digest

Keramaslah seperti biasa, lalu ikuti kembali rutinitas seperti di atas. Ingat dua hal: jangan keseringan menyentuh rambut dan menggunakan produk styling. Hair spray dan krim bisa menumpuk di kulit kepala yang menyebabkan minyak berlebih.

Lakukan rutinitas ini selama beberapa minggu dan lihat hasilnya. Setelah itu rutinitas ini bisa dikurangi menjadi tiga hari saja. Lebih jarang mencuci rambut akan lebih baik.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.