Now Reading:
7 Tips Basic Saat Mencukur untuk Si Pemilik Kulit Sensitif
Full Article 3 minutes read

7 Tips Basic Saat Mencukur untuk Si Pemilik Kulit Sensitif

iyaa.com | Jakarta: Pemilik kulit sensitif perlu ekstra hati-hati saat melakukan sesuatu pada kulitnya lantaran cenderung mudah iritasi, infeksi, atau alergi, termasuk saat mencukur atau shaving.

Lantas bagaimana supaya kamu yang kulitnya sensitif tidak mengalami hal itu? Ikuti 7 tips basic ini saat mencukur untuk kamu yang kulitnya sensitif, seperti dilansir dari Khoobsurati.

1. Bersihkan dulu
Kulit sensitif butuh dimanja dan ekstra perhatian. Sudah begitu kulit sensitif juga mudah terkena debu sehingga menyumbat pori-pori, atau terkadang menyebabkan ruam yang menjadi hambatan untuk mencukur.

Untuk mencegah hambatan tadi maka kulit perlu dibersihkan lebih dulu. Disarankan untuk membersihkannya tiga kali sehari.

2. Eksfoliasi
Kalau kulit terlalu banyak menyimpan sel kulit mati, pisau cukurmu bisa mengambilnya sehingga menyebabkan iritasi. Jadi kamu perlu eksfoliasi dulu sebelumnya. Kamu bisa memakai scrub alami seperti dari gula atau kopi.

3. Pakai pelembap
Umumnya, kulit sensitif kering dan kurang hidrasi sehingga saat mencukur terasa sakit dan memicu reaksi kulit. Jadi pakai pelembap sebelum bercukur untuk mempertahankan level pH kulit dan menjaganya tetap lembut dan ternutrisi.

Foto: CBC

4. Jangan lawan arah
Bukan saat berkendara saja kamu tidak boleh melawan arah, saat mencukur pun juga. Seringnya cewek mencukur melawan arah rambut tumbuh, tapi untuk yang kulitnya sensitif teknik mencukur tadi justru menyakitkan dan menyebabkan ruam atau benjolan.

Jadi kamu perlu mencukur searah dengan arah rambut tumbuh menggunakan single blade. Dan hindari mencukur kalau kamu sedang terluka.

5. Basahi kulit sebelum bercukur
Kesalahan besar yang dilakukan pemilik kulit sensitif saat bercukur adalah mencukur dengan kondisi kulit kering. Seperti dibahas tadi, kulit sensitif umumnya kering, dan inilah yang membuat kulit jadi iritasi bahkan infeksi.

Oleh sebab itu, 5 menit sebelum bercukur kamu perlu membasahi kulit dulu supaya kulit jadi lembap dan proses mencukur pun jadi mudah.

Foto: Pixabay/kropekk_pl

6. Gunakan alat yang bersih
Kebersihan merupakan aspek penting, apalagi buat kamu yang kulitnya sensitif. Untuk mencegah muncul reaksi kulit saat bercukur, bukan hanya teknik saja yang perlu diperhatikan, kebersihan alat pun juga perlu diperhatikan.

Selalu kenakan pisau cukur yang bersih. Dan pastikan kamu tidak menggunakan pisau cukur yang sudah digunakan 3-4 kali sebab mata pisau jadi kasar dan nantinya bikin luka.

7. Rawat setelah bercukur
Perawatan setelah bercukur juga perlu diperhatikan sebab yang kulitnya sensitif sering mengeluhkan rasa panas, ruam, dan iritasi setelah bercukur.

Supaya tidak terjadi lagi, jangan lupa bilas kulitmu dengan air dingin setelah bercukur. Kalau muncul rasa gatal atau pedih, aplikasikan cold pack. Jangan lupa juga pakai aftershave gel.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.