Now Reading:
Kulit Terasa Kering Setelah Pakai Pelembap? Ini 7 Penyebabnya
Full Article 3 minutes read

Kulit Terasa Kering Setelah Pakai Pelembap? Ini 7 Penyebabnya

iyaa.com | Jakarta: Kamu mungkin pernah mengalami kulitmu terasa kering padahal sudah pakai pelembap atau body lotion. Bisa jadi 7 alasan di bawah ini yang menyebabkan pelembapmu tak bekerja maksimal.

1. Pakai cleanser dengan ingredient terlalu keras
Dilansir dari Skincare.com, cleanser dengan bahan dasar yang keras tidak baik untuk kulit. Untuk mengetahui cleanser-mu aman atau tidak, coba perhatikan bagaimana kulitmu setelah memakainya. Jika terasa kencang atau tertarik, cleanser-mu berbahan keras yang artinya menghilangkan minyak dan hidrasi yang diperlukan kulit.

2. Tidak memakai pelembap setelah mandi
Waktu yang tepat untuk melembapkan kulit adalah segera setelah mandi. Kulit sangat lembap ketika basah dan pelembap bekerja sangat baik ketika kulit sudah terhidrasi. Setelah mandi, air dengan cepat menguap yang membuat kulit terasa lebih kering. Jadi setelah mandi, segera pakai body lotion.

Begitu juga setelah mencuci wajah, keringkan wajah kemudian aplikasikan serum, dilanjutkan dengan pelembap.

Foto: Freepik

3. Pakai pelembap yang tak sesuai jenis kulit
Pelembap yang tak sesuai jenis kulit bisa membuat pelembap bekerja dengan tidak semestinya. Jika kulitmu kering, pakai pelembap yang menghidrasi. Cari bahan pelembap yang utama, seperti ceramides, glycerin, dan hyaluronic acid.

Jika kulitmu berminyak, cari formula yang ringan dan bebas minyak yang tidak menyumbat pori-pori atau membuat kulit terasa makin berminyak.

4. Tidak lakukan eksfoliasi
Setidaknya seminggu sekali lakukanlah eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ini agar pelembap dapat bekerja dengan baik. Bisa memilih antara chemical exfoliator yang mengandung acid atau enzim seperti glycolic acid. Atau physical exfoliator seperti scrub dan sikat kering.

Foto: makeupandbeauty

5. Dehidrasi
Alasan lain mengapa kulit mungkin masih terasa kering setelah pakai pelembab adalah karena kulitmu mengalami dehidrasi. Kulit kering dan kulit dehidrasi adalah dua hal berbeda. Kulit berminyak bahkan bisa mengalami dehidrasi.

Kulit dehidrasi terjadi karena tidak minum cukup air atau cairan, serta memakai produk yang mengiritasi yang menghilangkan kelembapan kulit.

Maka pakai produk skincare yang dapat meningkatkan kelembapan, yakni yang mengandung hyaluronic acid dan jaga tubuh terhidrasi dengan minum cukup air.

Foto: Freepik @Jcomp

6. Salah mengaplikasikan pelembap
Jika kulitmu masih terasa kering, bisa jadi kamu salah mengaplikasikan pelembap. Sebaiknya tidak mengoles pelembap ke wajah secara sembarangan atau menggosoknya dengan kasar. Lakukan pijatan lembut ke arah atas untuk menghindari bagian halus wajah tertarik, seperti mata.

Perhatikan juga jumlah pelembap yang dipakai. Baca label produk untuk mengetahuinya. Sebab ini juga mempengaruhi seperti apa rasa kulit setelah mengaplikasikannya.

7. Berlebihan membersihkan wajah
Membersihkan kulit secara berlebihan mungkin saja kamu lakukan karena ingin mendapatkan kulit yang benar-benar bersih. Ini tak perlu karena dapat merusak microbiome kulit, bakteri mikroskopis yang berdampak pada penampilan kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.