Now Reading:
Mencukur Katanya Bikin Bulu Tumbuh Lebih Panjang dan Lebat, Beneran Gak Sih?
Full Article 2 minutes read

Mencukur Katanya Bikin Bulu Tumbuh Lebih Panjang dan Lebat, Beneran Gak Sih?

iyaa.com | Jakarta: Mencukur (atau waxing) area ketiak, kaki, tangan, bahkan wajah sering dilakukan banyak orang.

Meski sering dilakukan, namun banyak yang masih percaya mitos mencukur bakal bikin bulu yang tumbuh tambah panjang dan lebat. Mungkin kamu salah satunya? Faktanya hal itu tidak benar ladies.

“Mencukur tidak akan membuat bulu tumbuh lebih cepat atau lebih tebal. Rambut (bulu) kamu tidak ‘hidup’,” ungkap dermatolog kosmetik, Michele Green, MD, dikutip dari Refinery29.

“Mencukur tidak mempengaruhi folikel rambut, yang mengontrol pertumbuhan rambut,” lanjutnya lagi.

Jadi dapat dikatakan kalau mencukur tidak mempengaruhi kecepatan rambut kembali tumbuh, yang mana itu berbeda-beda bagi setiap orang (baik diameter ketebalannya).

Mencukur itu memotong bulu di atas kulit alias hanya di permukaannya saja, dan tidak mencapai ke dalam tempat folikel rambut berada.

Ditambah lagi bagian akar rambut memang lebih tebal dibanding ujungnya. Jadi saat permukaannya dipotong, batang rambut yang dibawah membuat kita mengira kalau bulu yang baru tumbuh lebih tebal dari sebelumnya.

“Persepsi bukan kenyataan, itu seperti tumbuh cepat sebab cepatnya pertumbuhan rambutmu. Frekuensi mencukur tidak ada hubungannya dengan seberapa cepat bulu kamu tumbuh,” papar Michele.

Seperti mencukur menggunakan pisau cukur, waxing pun juga memperlihatkan teori yang sama. Waxing mencabut bulu dari akar, namun akarnya terletak di atas folikel. Jadi sebenarnya waxing juga memotong bulu di permukaan saja.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.