Now Reading:
Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Komedo Makin Parah, Nomor 3 Paling Gak Tahan
Full Article 2 minutes read

Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Komedo Makin Parah, Nomor 3 Paling Gak Tahan

iyaa.com | Jakarta: Selain jerawat, komedo jadi salah satu masalah yang paling sering muncul di wajah. Masalah kulit yang satu ini selalu membuat rasa percaya diri berkurang.

Walau terdapat beragam cara untuk mengatasinya, komedo yang membandel tetap saja muncul. Bahkan, komedo yang membandel malah semakin banyak muncul di wajah. Lalu apa sih sebenarnya penyebab komedo semakin banyak muncul?

Foto: Cantik Tempo

Berikut 5 penyebab yang membuat komedo semakin parah seperti dilansir dari Beauty Journal Sociolla:

1. Sering Menyentuh Wajah
Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan juga jadi salah satu penyebab masalah kulit. Kebiasaan menyentuh wajah menyebabkan bakteri dan kotoran yang menempel di tangan ikut menempel di wajah. Selain tangan, rambut yang menyentuh wajah juga bisa membawa bakteri dan kotoran yang membuat komedo semakin parah.

2. Kurang Maksimal Membersihkan Wajah
Membersihkan muka 2x sehari sangat penting bagi kesehatan kulit. Baik menggunakan makeup atau tidak, membersihkan wajah harus dilakukan. Sisa makeup, sebum atau kotoran yang tersisa atau terperangkap di pori-pori jadi penyebab munculnya komedo.

3. Kebiasaan Memencet Komedo
Komedo di wajah sering membuat kita tak tahan untuk memencet dan mengeluarkannya dari kulit. Padahal kebiasaan ini malah akan membuat kulit wajah infeksi dan berubah menjadi jerawat atau beresiko meninggalkan bekas luka.

4. Menggunakan Pore Strip
Cara yang satu ini bisa dibilang paling ampuh mengangkat komedo. Tapi ternyata, hasil mengangkat komedo dengan pore strip hanya bersifat sementara. Pore strip juga menghisap banyak minyak di wajah dan beresiko membuat kulit wajah terkelupas.

5. Eksfoliasi Berlebihan
Melakukan eksfoliasi berlebihan malah akan membuat komedo semakin parah. Terlebih jika menggunakan scrub yang kasar hingga membuat kulit iritasi. Sebaiknya lakukan eksfoloasi dengan soft cloth atau cleansing brush yang lembut.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.