Now Reading:
Sabun Batangan atau Sabun Cair, Mana yang Lebih Baik?
Full Article 2 minutes read

Sabun Batangan atau Sabun Cair, Mana yang Lebih Baik?

iyaa.com | Jakarta: Kita biasanya mandi dengan sabun batangan atau sabun cair. Meski sama-sama membersihkan tubuh, mana yang sebaiknya dipilih?

Untuk membersihkan kotoran
Dilansir dari Well and Good, sabun batangan dan sabun cair sama-sama efektif membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan bakteri. Tapi sabun batangan yang dibuat dengan minyak atau shea butter dan minyak esensial lebih baik.

Untuk menjaga keseimbangan alami kulit
Entah pakai sabun batangan atau sabun cair, cari produk dengan ingredient seperti shea butter, minyak esensial, dan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak wijen. Jauhi apa pun yang banyak bahan kimia atau pengawet.

Untuk mengeksfoliasi
Jika ingin mengeksfoliasi tubuh, kamu bisa pilih sabun cair yang dipakai dengan spons mandi. Atau sabun batangan yang mengandung scrub alami.

Untuk mendapatkan kelembapan ekstra
Produk sabun konvensional dari bahan kimia yang dipasarkan sebagai pelembab dirancang untuk menarik kelembaban keluar dari bawah epidermis, pada akhirnya membuat kering dan merusak kulit dalam jangka panjang.

Meski mengandung pelembap, sabun batangan atau sabun cair saja tidak cukup untuk melembapkan kulit. Maka gunakan lotion setelah mandi.

Untuk menjaga lingkungan
Sabun batangan lebih baik dari sabun cair dalam hal ini. Sebab sabun batangan lebih sedikit membutuhkan kemasan plastik. Sabun batangan juga tahan lama, dan sabun batangan alami dibuat tanpa bahan kimia yang dapat merusak lingkungan.

Untuk mencegah timbunan bakteri
Spons mandi dan sabun batangan sama-sama bisa membiakkan bakteri jika dibiarkan dalam lingkungan yang lembab, sehingga keduanya harus diganti secara teratur. Umumnya diganti sebulan sekali.

Bilas spons secara menyeluruh setiap kali selesai digunakan, simpan di tempat kering, dan rawat dengan dengan larutan pemutih yang diencerkan encer sesekali untuk mencegah penumpukan residu, jamur, dan bakteri.

Sementara untuk sabun batangan, cara terbaik untuk menghindari transfer bakteri permukaan ke kulit adalah dengan membilasnya dengan air sebelum digunakan dan menyimpannya di tempat kering. Dan jangan berbagi sabun batangan dengan orang lain.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.