Now Reading:
Manfaat Dry Brushing dan Cara Mudah Melakukannya
Full Article 2 minutes read

Manfaat Dry Brushing dan Cara Mudah Melakukannya

iyaa.com | Jakarta: Salah satu cara untuk menghilangkan sel kulit mati di tubuh bisa dilakukan dengan dry brushing. Menggunakan body brush, teknik ini dilakukan dengan cara menggosok bagian tubuh dalam keadaan kering atau dilakukan sebelum mandi.

Dikutip dari Wellness Mama, dry brushing juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem limfatik, bagian utama dari sistem kekebalan tubuh. Dry brushing secara teratur membantu merangsang aliran getah bening normal dalam tubuh dan membantu tubuh melakukan detoksifikasi sendiri secara alami.

Biasanya dry brushing dilakukan pada pagi hari daripada malam hari sebelum tidur. Sebab dry brushing dapat meningkatkan kualitas energi sehingga cocok dilakukan pagi hari.

Pilih brush dari bahan alami, bukan sintetik. Pilih juga yang memiliki gagang panjang agar bisa menggosok bagian yang sulit dijangkau seperti punggung.

Foto: Goop

Cara melakukan dry brushing
Dikutip dari Goop, kamu bisa menggunakan body brush saja atau ditambah minyak. Jika ingin menambahkan minyak ke atas brush, mandi terlebih dulu, lalu lakukan dry brushing. Jika tidak, lakukan dry brushing, lalu mandi dan lanjutkan dengan mengoleskan minyak atau lotion.

1. Lakukan dry brushing mulai dari kaki. Gosok ke arah atas menuju jantung. Sama halnya ketika menggosok lengan, gosok ke arah atas.
2. Lakukan dengan gerakan usapan kecil dan tegas, atau dengan gerakan memutar.
3. Untuk bagian perut, lakukan gerakan searah jarum jam.
4. Pastikan tidak menekan terlalu keras atau menggunakan sikat yang terlalu kaku.
5. Lakukan dry brushing setidaknya 3 hingga 5 menit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.