Now Reading:
3 Tips Merawat Brush Makeup agar Tahan Lama
Full Article 2 minutes read

3 Tips Merawat Brush Makeup agar Tahan Lama

iyaa.com | Jakarta: Buat kamu yang sering pakai brush makeup, penting untuk mengetahui cara merawatnya agar awet. Bagaimana caranya?

Beauty expert dan celebrity makeup artist, Jenny Patinkin, dilansir dari Bustle, menyebut bahwa ada 3 hal yang mempengaruhi kualitas brush: cara membersihkannya, cara menyimpannya, dan cara memakainya.

1. Cara membersihkan
Membersihkan brush sangat penting untuk mencegah munculnya bakteri dan menjaga bentuk brush tetap sempurna. Gunakan pembersih yang lembut dan tidak membuat bulu kuasnya kering atau melonggarkan lemnya.

Pastikan brush mengarah ke bawah saat mencucinya agar air tidak meresap ke dalam ferrule (bagian gagang dan bulu kuas). Ini agar lem tetap kuat.

2. Cara menyimpan
Brush harus disimpan dengan benar agar tidak terlalu banyak bersentuhan dengan brush lain atau objek lainnya. Sebab bulu brush bisa dengan mudah bengkok atau berubah bentuk jika disimpan dalam tempat yang terlalu penuh.

Simpan brush dengan bulu kuas menghadap ke atas agar bentuk aslinya terjaga. Hindari menyimpan brush di kamar mandi agar tidak terkena bakteri. Meja atau lemari rias adalah tempat yang baik agar brush berada di udara yang bersih.

3. Cara memakai
Cara memakai brush juga berpengaruh pada bentuk bulu kuas. Terlalu banyak tekanan saat pengaplikasian bisa membuat brush kehilangan bentuknya dan bulunya rontok. Bulu yang mencuat saat pengaplikasian makeup bisa jadi tanda kamu terlalu menekan brush.

4. Kapan sebaiknya mengganti brush?
Tanda kamu perlu mengganti brush dengan yang baru jika bentuk bulu brush berubah dan rontok, bulu mengering dan patah, atau bulu brush tak kunjung bersih meski telah dicuci.

Tak ada batas waktu yang pasti kapan mengganti brush. Tapi secara umum jika brush mulai terasa agak kasar, sebaiknya ganti dengan yang baru.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.