Now Reading:
Cara Tepat Memakai Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut
Full Article 2 minutes read

Cara Tepat Memakai Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

iyaa.com | Jakarta: Minyak rambut telah lama dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk rambut. Banyak produk perawatan rambut atau DIY hair care yang menggunakan minyak kelapa sebagai bahan utama.

Dalam Journal of Cosmetic Science, dilansir dari Byrdie, minyak kelapa mampu memperkuat batang rambut. Minyak kelapa, menjadi trigliserida dari asam laurat (asam lemak utama), memiliki afinitas tinggi untuk protein rambut dan karena berat molekulnya yang rendah dan rantai linier yang lurus, minyak kelapa mampu menembus ke dalam batang rambut.

Kapan dan bagaimana memakai minyak kelapa?
Penata rambut Nunzio Saviano asal New York menjelaskan waktu yang tepat untuk memakai minyak kelapa adalah di malam hari dan rambut dalam keadaan kering.

“Saya menyarankan untuk menghangatkan minyak kelapa terlebih dulu sehingga menjadi lebih cair, lalu gosok dengan tangan dan mengaplikasikannya ke ujung rambut,” kata Saviano.

Minyak kelapa dihangatkan untuk membuka kutikula rambut sehingga memungkinkan molekulnya menembus ke dalam rambut. Saviano tak menyarankan menggunakan minyak kelapa di pagi hari. Sebab butuh waktu lama untuk meresap dan rambut bisa terlihat berminyak.

Apakah minyak kelapa bisa membantu menumbuhkan rambut?
Dijelaskan Shari Marchbein, MD, bahwa tidak ada studi yang kredibel pada saat ini yang menghubungkan penggunaan minyak kelapa dengan pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

“Minyak kelapa dapat membantu memperkuat rambut dan menyehatkan kulit kepala (serta mengurangi penumpukan minyak). Dengan mengurangi kerontokan rambut, rambut menjadi tidak terlalu rapuh dan dapat terlihat lebih sehat.”


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.