Now Reading:
4 Penyebab Umum Kenapa Ketiakmu Hitam
Full Article 2 minutes read

4 Penyebab Umum Kenapa Ketiakmu Hitam

iyaa.com | Jakarta: Ketiak hitam membuat kita tak nyaman. Bahkan mungkin membuat kita malu. Jika ketiak yang hitam atau gelap menarik perhatianmu, kamu perlu tahu apa saja penyebab umum yang membuat ketiak berubah warna, seperti dijelaskan ahli dermatologi Dr. Joshua Zeichner, dilansir dari Skincare.com.

1. Mencukur
Jika memiliki bulu ketiak yang gelap, dengan mencukur bulu ketiak yang tebal dan kasar bisa membantu membuat ketiak lebih cerah. Tapi jika mencukur terlalu sering atau caranya tidak benar, kulit di bawah ketika malah bisa lebih gelap.

Kamu mungkin memiliki lebih banyak pigmen di bawah lengan daripada di daerah lain karena peradangan kronis tingkat rendah yang disebabkan oleh gesekan atau bercukur. Terlebih lagi, karena mencukur tidak menghilangkan seluruh folikel rambut, hal ini bisa meninggalkan apa yang tampak seperti warna gelap pada kulit karena rambut berada tepat di bawah permukaan.

Solusinya jika sering bercukur, pertimbangkan cara lain untuk menghilangkan bulu ketiak. Tapi jika harus mencukur, pastikan untuk menambahkan air ke ketiak sebelum mencukur. Menggunakan krim cukur juga dapat membantu mengurangi lecet.

2. Gosokan atau gesekan berlebihan
Mencukur dapat menyebabkan gesekan berlebihan pada ketiak. Begitu pula dengan pakaian yang dikenakan. Gesekan dan iritasi dapat menyebabkan kulit ketiak berubah warna seiring waktu.

Kulit di bawah lengan sangat peka. Gesekan mungkin terjadi saat kita melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk meminimalkannya, hindari pakaian yang terasa kasar atau tidak nyaman. Jika memungkinkan, pilihlah pakaian yang lebih longgar yang tidak menempel di ketiak.

3. Penumpukan sel kulit mati
Kamu mungkin rajin eksfoliasi kulit wajah dan tubuh. Tapi bagaimana dengan ketiak? Jika tidak dieksfoliasi, bisa jadi ini penyebab kenapa ketiakmu lebih gelap atau hitam.

Untuk menghilangkan sel kulit mati, lakukan eksfoliasi secara teratur. Pelembap dengan lactic acid bisa menghidrasi sekaligus membantu pengelupasan sel-sel kulit permukaan yang memberikan tampilan gelap. Jika suka suka pakai scrub, pilih body scrub lembut dan aplikasikan pada ketiak dengan gerakan memutar yang lembut.

4. Deodoran dan antiperspiran tertentu
Kita mungkin bergantung pada deodoran dan antiperspiran untuk mencegah bau ketiak akibat keringat. Meski mampu menjaga ketiak dari bau tak sedap, beberapa produk diformulasikan dengan bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit. Jika terjadi iritasi, perubahan warna seringkali terjadi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.