Now Reading:
Selamatkan Rambut dan Warna Rambut Rusak dengan 5 Tips dari Profesional Ini
Full Article 3 minutes read

Selamatkan Rambut dan Warna Rambut Rusak dengan 5 Tips dari Profesional Ini

iyaa.com | Jakarta: Mewarnai rambut merupakan hal yang umum dilakukan. Namun dibalik warna rambut yang indah, kondisi rambut sendiri jadi tidak baik.

Biar rambut tetap sehat dan warnanya vibrant, pakar mewarnai rambut, Chelsea Smith, memberikan 5 tips penting untuk menyelamatkan rambut serta membuat warnanya tahan lama, seperti dilansir dari Reader’s Digest.

1. Jangan gunakan shampoo berbasis sulfat
Orang jarang melihat komposisi kandungan dalam sebuah shampoo, atau kalau dilihat kamu akan bingung dengan nama-namanya yang aneh. Tapi kamu perlu waspada dengan komposisi satu ini, yaitu sulfat.

“Aku selalu menasihati klienku untuk menggunakan shampoo yang sulfate-free dan color-safe,” jelas Chelsea.

“Sulfat biasanya dipakai di shampoo sebagai pembersih yang mengangkat kotoran di rambut. Tapi efek membersihkannya juga bikin warna rambut memudar. Shampoo bebas sulfat digunakan sebagai pembersih lembut yang menjaga minyak alami kulit kepala tetap utuh sambil membersihkannya dengan lembut,” tambahnya lagi.

2. Potong rambut secara rutin
Potong rambut sangat penting, terlebih bagi yang sering mengecat rambutnya. Ada banyak cara untuk membuat warna rambut lebih kuat, namun ada juga efeknya.

“Rutin memotong rambut penting untuk menjamin kerusakan di ujung rambut tidak naik,” ungkap Chelsea.

Foto: Freepik

3. Selektif gunakan high-volume color
Cat rambut punya tingkatan yang menunjukkan seberapa kuat bahan kimia di dalamnya. Tingkatan high biasanya untuk pewarnaan pertama dan penyegar warna utama. Jadi, jangan digunakan sepanjang waktu.

“Kebanyakan pilihan warna menggunakan aktivator yang punya volume lebih tinggi untuk menciptakan perubahan permanen pada hasil alami,” jelas Chelsea.

“Kamu tidak perlu menggunakan tingkatan high di bagian tengah dan akhir yang sebelumnya berwarna; hasilnya justru akan lebih gelap, cepat pudar, bahkan berbahaya,” lanjutnya lagi.

Jadi saat mengecat rambut, gunakan tingkatan yang lebih rendah untuk mempertahankan warna dan mengurangi kerusakan rambut.

4. Jaga warna tetap ‘muncul’ dengan pewarna semi permanen
“Pewarna semi permanen merupakan penyelamat untuk menyegarkan warna yang memudar dan membuat rambut kembali berkilau. Mereka hampir tidak menyebabkan kerusakan sebab tidak dibuat perubahan kimia pada struktur rambur,” papar Chelsea.

Cara lain untuk menjaga warna tetap keluar adalah dengan menggunakan color boosting shampoo dan kondisioner.

Foto: Drybar

5. Keramas dengan benar
“Aku memberi saran ke klien untuk fokus shampoo-an di akar dan jangan ke bawah saat keramas. Cara tersebut akan membuat warna tahan lama serta bagian ujung rambut jadi lebih baik. Sementara untuk kondisioner sebaliknya, fokus pada ujung rambut saja,” terang Chelsea.

Tak hanya itu, kamu juga perlu melakukan deep conditioning kira-kira 1 atau 2 kali seminggu. Pasalnya deep conditioning merupakan kunci untuk memperbaiki rambut rusak.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.