Now Reading:
Air Beras, Rahasia Kecantikan Wanita Cina, Jepang, dan Korea!
Full Article 2 minutes read

Air Beras, Rahasia Kecantikan Wanita Cina, Jepang, dan Korea!

iyaa.com | Jakarta: Biasanya setelah mencuci beras air cucian berasnya langsung dibuang, padahal air beras punya banyak manfaat untuk kecantikan loh.

Keajaiban air beras sudah dibuktikan oleh wanita dari Asia Timur, khususnya Jepang, Korea, dan Cina yang mana mereka terkenal dengan kulit lembut dan kenyalnya.

Lalu apa saja manfaat kecantikan yang didapat dari air beras? Melansir dari Femina India, berikut manfaat air beras untuk kulit dan juga rambut.

Manfaat untuk kulit
1. Menenangkan jerawat dan kulit sensitif

Dari penelitian Department of Toxicology di Vrije Universiteit Brussel tahun 2002 lalu,orang yang mengalami masalah kulit jadi lebih baik dengan mandi pakai air beras dua kali sehari. Pasalnya air beras merupakan astringen paling alami karena kandungan pati yang tinggi.

2. Mencerahkan kulit
Air beras lebih efektif dibanding produk pencerah kulit lainnya. Ditambah lagi karena merupakan bahan alami, jadi air cucian beras sudah pasti bebas bahan kimia.

3. Kulit aman dari sinar UV
Air beras merupakan sunscreen alami yang melindungi dari efek buruk sinar UV, serta dapat digunakan untuk mengatasi sunburns. Cukup aplikasikan ke kulit yang kena sunburn, dan itu akan sembuh dengan cepat.

Foto: The Taste of Japan

4. Punya sifat anti-aging
Air beras bisa meningkatkan tekstur kulit dan elastisitas kulit juga kembali, terutama untuk yang kulitnya kering dan dehidrasi. Sebab air beras kaya akan kandungan vitamin A, C, E, senyawa flavonoid dan fenolik. Tak hanya itu, air beras juga mengandung asam ferulic dan allantoin yang dibutuhkan untuk fungsi kulit.

Manfaat untuk rambut
1. Mengatasi rambut frizzy

Penelitian yang dilakukan International Journal of Cosmetic Science tahun 2010 lalu menyebut kalau air beras dapat meningkatkan elastisitas dan tekstur rambut serta mengurangi rambut frizzy alias rambut yang mengembang kaya singa.

2. Menyeimbangkan level pH kulit kepala
Karena merupakan bahan alami, maka saat keramas dengan air beras level pH kulit kepala tetap seimbang dengan pH aslinya. Lalu air beras juga membuat minyak alami rambut tetap utuh.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.