Now Reading:
9 Tanda Kamu Memiliki Rambut Sehat dan Kuat
Full Article 3 minutes read

9 Tanda Kamu Memiliki Rambut Sehat dan Kuat

iyaa.com | Jakarta: Berketombe dan rontok parah jadi tanda rambutmu rusak. Tapi tahukah kamu bagaimana rambut yang sehat itu? Bisa jadi rambutmu rontok tapi sebenarnya rambutmu sangat sehat. Kenali tanda-tanda rambut sehat berikut ini, dilansir dari Bustle.

1. Rontok dalam batas normal
Adahal hal wajar rambutmu sedikit rontok tiap harinya. Tapi perlu diperhatikan berapa banyak jumlah rambutmu yang rontok saat mandi, tidur, atau saat menyisir.Normalnya rambut rontok sebanyak sekitar 80 helai setiap hari.

2. Tekturnya lembut
Rambut yang sehat tidak terasa rapuh dan kering. Saat disisir dengan jari pun, rambut tak kusut. Ketika rambut lembap, rambut akan terasa lembut saat disentuh. Rambut panjang mungkin berarti tumbuh sehat, tapi bisa juga kamu memiliki rambut panjang yang rusak dan rapuh.

3. Rambut merespon baik kelembapan
Cuaca lembap dapat memberi tahu kita tentang kondisi rambut. Rambut yang sangat keropos dan menyebabkan rambut rusak kehilangan kemampuannya untuk bertahan terhadap kelembaban. Ketika ada kelembapan di udara, helaian rambut menahan air dan meresponnya dengan menjadi frizzy atau mengembang. Jadi jika rambutmu sehat, rambut lurus akan tetap lurus, rambut keriting akan tetap keriting.

Foto: Freepik

4. Bebas ketombe
Ketombe adalah tanda paling jelas kalau kulit kepalamu bermasalah. Rambut sehat juga memiliki kulit kepala yang sehat, yakni memiliki pigmen yang bagus mirip dengan wajah atau bagian tubuh lain tanpa ada iritasi atau kemerahan.

5. Tak gampang patah
Rambut yang sehat bisa ditarik dan akan kembali ke bentuk aslinya, tidak patah atau berjumbai. Rambut patah dalam jumlah sedikit itu normal, tapi jika rambutmu patah berlebihan kemungkinan rambutmu kurang lembap dan elastis.

6. Berkilau alami
Rambut sehat tak perlu diolesi minyak untuk membuatnya berkilau. Secara alami, rambut sehat akan berkilau. Rambut berkilau berarti kutikulanya rata sehingga menciptakan permukaan yang halus dan rata di mana cahaya dapat memantul. Sebaliknya rambut rusak tampak kusam dan tak bernyawa.

7. Elastis
Pada dasarnya, rambutmu harus bisa kembali ke keadaan aslinya ketika direnggangkan. Helai rambut yang putus berarti rambutmu butuh perawatan. Rambut yang elastisitasnya rendah menunjukkan rambut lebih rentan terhadap kerusakan.

Foto: Freepik

8. Tidak kaku
Panjang dan volume rambut tak jadi ukuran rambutmu sehat atau tidak. Tapi ini tentang kondisi rambut. Rambut yang sehat biasanya lebih berat, lebih mudah diatur, dan tidak kaku.

9. Dapat menahan air
Rambut sehat dapat menahan air karena kutikulanya tertutup. Cara mengujinya, tempatkan segenggam rambutmu di dalam mangkuk air. Jika rambutmu sehat, helai rambutmu akan mengambang.

Sebaliknya jika rambutmu rusak, rambut akan tenggelam karena kutikulanya rusak dan terbuka sehingga air masuk dan membuatnya berat.

Seberapa cepat rambutmu mengering juga penting. Jika rambut membutuhkan waktu lama untuk mengering, itu indikator bahwa rambutmu keropos.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.